Pengaruh penerapan Education Games terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih kelas IV di MIN Balenrejo Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zubaidah, Siti (2010) Pengaruh penerapan Education Games terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih kelas IV di MIN Balenrejo Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Zubaidah_D31205045.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan pada saat sekarang ini banyak mengembangkan cara – cara belajar yang efektif, efisien dan yang pasti menyenangkan. Dengan menggunakan alat – alat pendukung dalam penyampaian materi pelajaran, suasana dalam pembelajaran akan terasa menyenangkan dan tidak membosankan serta akan lebih meningkatkan hasil belajar peserta didik. Untuk mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan dan meningkatkan hasil belajar salah satu caranya adalah menggunakan education games (permainan edukatif). Penelitian ini dilakukan untuk menjawab beberapa permasalahan sebagai berikut: 1. Bagaimana penerapan education games pada mata pelajaran fiqih kelas IV di MIN Balenrejo Bojonegoro. 2. Bagaimana hasil belajarpeserta didik dalam mata pelajaran fiqih kelas IV setelah diterapkan education games. 3. Bagaimana pengaruh penerapan education games terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas IV di MIN Balenrejo Bojonegoro. Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian yang dilaksanakan mulai tanggal 20 mei 2010 dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dan jenis penelitian ini adalah experimen yang berjenis quasi eksperimen, dimana analisisnya menggunakan statistik. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, interview, dokumentasi dan tes. Untuk mendukung keabsahan dari penelitian ini dan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh penerapan education games terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas IV di MIN Balenrejo Bojonegoro, ini menggunakan rumus uji t. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa education games adalah berpengauh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas IV MIN Balenrejo Bojonegoro. Hal ini terbukti dari perhitungan, yaitu diketahui to=3,923, apabila dibandingkan dengan tt yang ada pada tabel (ttabel 5% = 2,10). Berarti to t5%. Jadi to lebih besar dari pada ttabel. Maka konsekuensinya hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak.
Dari sini dapat disimpulkan bahwa education games dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas IV di MIN Balenrejo Bojonegoro.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zubaidah, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Education Games; Hasil Belajar; Pendidikan Fikih
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Aug 2010
Last Modified: 16 Jul 2019 03:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8383

Actions (login required)

View Item View Item