This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fitria, Sufatul (2025) Pengembangan media papan bilangan melalui problem based learning pada mata pelajaran matematika untuk meningkatkan literasi numerasi dan berpikir kritis siswa di MI Mamba'ul Huda Bojonegoro. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Sufatul Fitria_02041022015.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
Sufatul Fitria_02041022015_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 10 September 2028. Download (2MB) |
Abstract
Matematika merupakan bagian ilmu dalam kehidupan sehari-hari yang sangat penting untuk dipelajari manusia. Pembelajaran matematika erat hubungannya dengan literasi numerasi dan berpikir kritis. Namun pada kenyataannya dalam proses pembelajaran guru hanya menggunakan media buku dan metode ceramah, tidak disertai media penunjang. Selain itu, banyak siswa yang merasa matematika merupakan salah satu pelajaran yang sulit dan menakutkan. Sehingga dibutuhkan media agar pembelajaran tercapai secara optimal. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media papan bilangan melalui Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan desain pengembangan media pembelajaran, mendeskripsikan penerapan hasil pengembangan media, dan mengetahui efektivitas dari papan bilangan melalui PBL. Jenis penelitian ini adalah Research and Development yang menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 52 siswa kelas 3 di MI Mamba‟ul Huda Bojonegoro. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Desain uji coba menggunakan pretest- posttest control group design. Data dianalisis menggunakan statistik kualitatif deskriptif, analisis validitas, dan analisis efektivitas. Hasil penelitian ini adalah 1) Pada tahap desain dengan model ADDIE yaitu a) Analyze disimpulkan bahwa kurangnya media dan model pembelajaran, kurangnya latihan soal cerita yang memicu siswa berpikir kritis, b) Design: media terbuat dari triplek yang dibentuk seperti papan catur ukuran (50 x 30 cm), serta sudah disesuaikan dengan materi serta kebutuhan siswa, c) Development: menyusun angket validasi produk ahli materi, media, dan praktisi lapangan serta melakukan perbaikan produk sesuai saran. Berdasarkan penilaian dari ahli media memperoleh hasil 72 dengan kategori layak serta dari ahli praktisi lapangan memperoleh hasil 84 (sangat layak. 2) Pada tahap implementation terbagi menjadi 2, kelas A 26 siswa (kelas kontrol) dan kelas B 26 siswa (kelas eksperimen). Dari media tersebut angket respon siswa mencapai nilai rata-rata 4,15 sehingga siswa mengalami peningkatan dari 46,15 menjadi 76,92. 3) Pada tahap Evaluation yang dipadukan dengan efektivitas penggunaan papan bilangan dianalisis menggunakan uji manova (multivariate test) dengan hasil menunjukkan nilai sign. sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak, artinya adanya efektivitas dari penerapan media papan bilangan melalui PBL untuk meningkatkan literasi numerasi dan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika di MI Mamba‟ul Huda Bojonegoro.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
| Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Creators: |
|
||||||||||||
| Contributors: |
|
||||||||||||
| Subjects: | Belajar Matematika Pendidikan |
||||||||||||
| Keywords: | Penelitian dan Pengembangan; papan bilangan; problem based learning; literasi numerasi; berpikir kritis | ||||||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
| Depositing User: | Sufa Sufatul Fitria | ||||||||||||
| Date Deposited: | 10 Sep 2025 04:13 | ||||||||||||
| Last Modified: | 10 Sep 2025 04:13 | ||||||||||||
| URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83993 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
