Pengembangan lkpd interaktif berbasis project based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi digital kelas 2 SDI Kiyai Amin Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zunita, Lucki (2025) Pengembangan lkpd interaktif berbasis project based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi digital kelas 2 SDI Kiyai Amin Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lucki Zunita_02041022009 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lucki Zunita_02041022009 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 September 2028.

Download (1MB)

Abstract

Literasi digital merupakan salah satu kemampuan yang perlu dipelajari oleh manusia pada era kemajuan teknologi saat ini. Kemajuan teknologi berdampak pada berbagai bidang, salah satunya bidang Pendidikan. Agar peserta didik memiliki kemampuan literasi digital, maka dibutuhkan proses pembelajaran yang memanfaatkan sebuah media teknologi . Oleh karena itu, peneliti mengembangkan LKPD interaktif berbasis project based learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan desain LKPD interaktif untuk meningkatkan kemampuan literasi digital peserta didik, mendeskripsikan penerapan LKPD interaktif berbasis project based learning, dan mengetahui efektivitas LKPD interaktif berbasis project based learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 23 peserta didik kelas 2C di SDI Kiyai Amin Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Desain uji coba menggunakan angket literasi digital untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik dan tes praktik untuk mengetahui kemampuan literasi digital peserta didik. Data yang telah dikumpulkan menggunakan analisis kualitatif deskriptif, analisis validitas, analisis hipotesis, dan analisis efektivitas. Hasil penelitian ini adalah 1) Desain LKPD interaktif berbasis project based learning dikembangkan berdasarkan kondisi yang terjadi di sekolah yaitu kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan literasi digital. Materi disajikan dengan memperhatikan capaian pembelajaran dan tujuan pembelajaran, dan indikator literasi digital. 2) Implementasi LKPD interaktif berbasis project based learning dilakukan di semester ganjil yang diterapkan selama 3 kali pertemuan pada tanggal 23 – 25 Oktober 2024. 3) Efektivitas penggunaan LKPD interaktif berbasis project based learning menggunakan uji paired sample t-test diketahui bahwa nilai sig. 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya adalah adanya pengaruh media LKPD interaktif terhadap kemampuan literasi digital peserta didik. Sedangkan dari hasil uji efektifitas menggunakan uji N-gain memperoleh nilai sebesar 76,8, artinya media LKPD interaktif “efektif”.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zunita, Luckiluckiyunita@gmail.com02041022009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, Jauharotialfin_ftkuinsa@yahoo.com2006067301
Thesis advisorSyaifudin, Mokhamadmsyaifudin@gmail.com2013107303
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Penelitian dan Pengembangan; LKPD Interaktif; Project Based Learning; Literasi Digital.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lucki Zunita
Date Deposited: 11 Sep 2025 17:28
Last Modified: 11 Sep 2025 17:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/84101

Actions (login required)

View Item View Item