This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Salamah, Rusydina Sabilas (2025) Analisis kemampuan representasi semiotik siswa dalam pemecahan masalah matematis ditinjau dari hasil belajar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Rusydina Sabilas Salamah_06020421056 OK.pdf Download (5MB) |
|
|
Text
Rusydina Sabilas Salamah_06020421056 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 27 September 2028. Download (5MB) |
Abstract
Kemampuan representasi semiotik berperan penting dalam mewujudkan proses pemahaman dan keterampilan matematika, Namun, hasil survei PISA 2022 menunjukkan rendahnya hasil belajar matematika siswa Indonesia khususnya dalam aspek representasi. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui kemampuan representasi semiotik siswa dalam pemecahan masalah matematis dengan kriteria hasil belajar baru berkembang, layak, cakap, mahir. Penelitian ini termasuk penelitian yang menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang dikategorikan berdasarkan 4 kriteria hasil belajar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes pemecahan masalah matematis dan wawancara berbasis tugas. Teknik analisis data menggunakan indikator representasi semiotik yang mencakup conversion dan treatment pada setiap tahap pemecahan masalah. Tahapan pemecahan masalah berdasarkan George Polya. Triangulasi yang digunakan untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan hasil belajar mahir mampu melakukan seluruh indikator representasi semiotik yang memang sesuai dan diperlukan pada setiap tahap pemecahan masalah. Siswa dengan hasil belajar kriteria cakap juga mampu melakukan hampir seluruh indikator representasi semiotik yang relevan pada tahap pemecahan masalah matematis. Namun, siswa melewatkan treatment dari simbolik ke simbolik pada tahap memeriksa kembali. Siswa dengan kriteria hasil belajar layak mampu melakukan representasi semiotik pada berbagai tahap pemecahan masalah matematis. Namun, kesulitan dalam menyederhanakan bentuk akar saat treatment simbolik ke simbolik pada tahap melaksanakan rencana, siswa ini juga melewatkan indikator treatment dari simbolik ke simbolik pada tahap memeriksa kembali. Siswa dengan kriteria baru berkembang menunjukkan kemampuan representasi semiotik yang masih terbatas. Pada tahap merencanakan penyelesaian, siswa tidak melakukan conversion dari verbal ke simbolik. Selain itu, pada tahap melaksanakan rencana, treatment dari simbolik ke simbolik juga tidak dilakukan. Pada tahap memeriksa kembali, siswa juga tidak melakukan treatment simbolik ke simbolik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Creators: |
|
||||||||||||
| Contributors: |
|
||||||||||||
| Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar | ||||||||||||
| Keywords: | Representasi Semiotik; TRSR; Duval; Pemecahan Masalah Matematis; Hasil Belajar. | ||||||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
| Depositing User: | Rusydina Sabilas Salamah | ||||||||||||
| Date Deposited: | 27 Sep 2025 14:13 | ||||||||||||
| Last Modified: | 27 Sep 2025 14:13 | ||||||||||||
| URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/84112 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
