This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Irhami, Hadi (2025) Strategi pembelajaran fikih dalam membentuk sikap moderasi beragama di Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Tuban. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Hadi Irhami_01040422010 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 12 September 2028. Download (5MB) |
|
|
Text
Hadi Irhami_01040422010 OK.pdf Download (5MB) |
Abstract
Pentingnya pembentukan sikap moderasi beragama di kalangan peserta didik Madrasah Tsanawiyah yang ada di kabupaten Tuban sebagai ikhtiar untuk menciptakan kedamaian, kerukunan dan sikap saling menghormati dan menghargai ditengah masyarakat Kabupaten Tuban yang memiliki keragaman agama dan budaya. Pendidikan Agama Islam khususnya pembelajaran fikih berperan penting dalam mengintegrasikan nilai-nilai moderasi beragama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi strategi pembelajaran fikih dalam membentuk sikap moderasi beragama di Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Tuban. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus, mengumpulkan data dengan cara observasi, wawancara, analisis dokumen, dan penyebaran kuisioner di beberapa Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Tuban. Instrumen penelitian terdiri atas 1) Lembar Observasi, 2) Lembar pedoman wawancara, 3) Lembar telaah dokumen, dan 4) Instrumen quisioner. Teksis analisis data menggunakan reduksi data, Penyajian data, dan membuat kesimpulan akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran fikih dalam membentuk sikap moderasi beragama adalah dengan cara mengintegrasikan nilai- nilai moderasi beragama ke dalam pembelajaran fikih dengan menggunakan strategi pembelajaran “Holistic Integrative” yakni Strategi pembelajaran dengan memadukan beberapa strategi pembelajaran antara lain strategi pembelajaran Contextual Learning, Active Learning, Problem Based Learning, Project based learning, dan Collaborative Learning. Dan menggunakan metode diskusi dengan teknik memberi nama kelompok diskusi dengan prinsip moderasi beragama seperti: “Kelompok tawassut kelompok tawazun, kelompok tasamuh, kelompok i’itidal, dan kelompok shura , serta penguatan karakter melalui keteladanan dan pesan moral dapat membentuk sikap moderasi beragama peserta didik. Penelitian ini memberikan beberapa implikasi teoritis dan praktis yang signifikan diantaranya adalah temuan teori ini memperkaya teori pendidikan Islam khususnya dalam konteks pembelajaran fikih dengan menekankan pentingnya integrasi nilai- nilai moderasi beragama. Hasil penelitian ini menemukan strategi baru dalam pembelajaran yang peneliti berinama Strategi Pembelajaran Holistik Integratif. Guru mempunyai peran yang signifikan dalam membentuk sikap moderasi beragama peserta didik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
| Item Type: | Thesis (PhD) | ||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Creators: |
|
||||||||||||
| Contributors: |
|
||||||||||||
| Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Metode |
||||||||||||
| Keywords: | Strategi Pembelajaran Fikih; Sikap moderasi beragama | ||||||||||||
| Divisions: | Program Doktor > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
| Depositing User: | Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||||||||
| Date Deposited: | 12 Sep 2025 11:19 | ||||||||||||
| Last Modified: | 12 Sep 2025 11:20 | ||||||||||||
| URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/84160 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
