Analisis Semiotik Iklan Layanan Masyarakat pada Billboard Merdeka atau Mati: Semiologi Rolands Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sanusih, Sanusih (2010) Analisis Semiotik Iklan Layanan Masyarakat pada Billboard Merdeka atau Mati: Semiologi Rolands Barthes. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sanusih_B06205024.pdf

Download (846kB)

Abstract

Fokus penelitian ini, rumusan masalah yang diteliti adalah apa makna iklan layanan masyarakat pada baliho merdeka atau mati? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, peneliti menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan studi analisis semiologi Rolands Barthes dalam menganalisis Iklan Layanan Masyarakat pada baliho Merdeka atau Mati. Adapun teori yang digunakan sebagai penunjang adalah Teori Acuan (Referensian Theory) dan Teori Ideasional (the Ideasional Theory). Dari hasil penelitian ini diperoleh temuan-temuan berupa peringatan atau sosialisasi P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peradaran Gelap Narkoba) baik kepada pengguna, pecandu, pengedar ataupun kepada masyarakat umum yang belum menggunakan atau mengkonsumsi narkoba. Iklan ini di produksi oleh BNP (Badan Narkotika Propinsi) Jawa Timur yang merupakan pernyataan tegas kepada pengguna atau pecandu atau pengedar bahwasannya tindakan tersebut merupakan tindakan kriminal. Dan setiap tindakan kriminal akan dikenakan sanksi hukum yang tegas.
Bagi masyarakat umum iklan ini merupakan peringatan tegas agar masyarakat tidak mendekati atau mencoba-coba mengkonsumsi narkoba karena dampak yang ditimbulkan oleh narkoba itu sangat berbahaya. Narkoba tidak membuat hidup lebih nyaman atau menyenangkan, tetapi justru sebaliknya narkoba hanya akan membawa malapetaka bagi kehidupan. Iklan Layanan Masyarakat ini juga menunjukkan suatu realitas sosial kehidupan remaja atau pelajar sekarang ini bahwa remaja atau pelajar sekarang syarat akan narkoba dan tidak sedikit diantara mereka mengalami kegagalan dalam hidupanya khususnya dalam meraih cita-cita di masa depannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sanusih, Sanusih--UNSPECIFIED
Subjects: Iklan
Layanan
Pemasaran
Keywords: Iklan Layanan Masyarakat; Semiotika; Billboard Merdeka atau Mati
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Aug 2010
Last Modified: 14 Jan 2019 03:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8423

Actions (login required)

View Item View Item