This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rahmawati, Ken Nawang Kusuma (2025) Tingkat literasi digital siswa pada model Pembelajaran Creative Problem solving (CPS) berbasis proyek. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Ken Nawang Kusuma Rahmawati_06010421014 full.pdf Restricted to Repository staff only until 22 September 2028. Download (3MB) |
![]() |
Text
Ken Nawang Kusuma Rahmawati_06010421014.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat literasi digital siswa melalui penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbasis proyek dalam pembelajaran matematika pada materi statistika. Literasi digital merupakan kemampuan penting yang harus dimiliki siswa di era digital, mencakup kemampuan mengakses, mengevaluasi, mengelola, dan menggunakan informasi digital secara efektif dan etis. Model pembelajaran CPS dipilih karena mampu melatih kemampuan berpikir kreatif dan kritis siswa dalam menyelesaikan masalah, sedangkan tugas proyek berupa pembuatan video pembelajaran digunakan sebagai media untuk mengamati keterampilan digital siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus yang dilaksanakan pada siswa kelas X-J di MAN 1 Tuban tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara terhadap siswa yang terlibat dalam tugas proyek kelompok. Instrumen penelitian mencakup pedoman observasi dan pedoman wawancara sebagai pendukung. Teknik analisis data menggunakan teori Miles, Huberman dan Saldan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian, tingkat literasi digital siswa terbagi ke dalam tiga kategori, yaitu tinggi pada Kelompok 1 dengan skor 80,94 dimana pada tingkatan ini, peserta didik sangat aktif dan memiliki pengetahuan mendalam; sedang pada Kelompok 3 dengan skor 60,71dimana peserta didik masih ada beberapa indikator literasi digital yang masih belum terpenuhi; serta rendah pada Kelompok 2 dengan skor 48,8 dimana pada tingkatan ini peserta didik masih memiliki kemampuan dasar dalam penggunaan media digital, tingkatan tersebut dianalisis berdasarkan tujuh indikator literasi digital. Disarankan agar pembelajaran matematika dapat mengintegrasikan model CPS berbasis proyek sebagai salah satu pendekatan inovatif dalam meningkatkan literasi digital siswa. Model ini dapat dimanfaatkan untuk melatih siswa dalam mengakses, mengevaluasi, dan mengelola informasi digital, berkolaborasi secara daring, serta memahami etika penggunaan teknologi. Kata Kunci: literasi digital, model pembelajaran CPS, tugas proyek, video pembelajaran.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran Matematika |
||||||||||||
Keywords: | Literasi digital; Pembelajaran; Creative Problem Solving (CPS); proyek | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Ken Rahmawati | ||||||||||||
Date Deposited: | 22 Sep 2025 03:25 | ||||||||||||
Last Modified: | 22 Sep 2025 03:25 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/84248 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |