Metode pembiasaan menghafal surat-surat pendek al-Qur'an pada anak usia dini 4-6 tahun di Raudhatul Athfal Al-Fath Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Febrianti, Alfiana (2025) Metode pembiasaan menghafal surat-surat pendek al-Qur'an pada anak usia dini 4-6 tahun di Raudhatul Athfal Al-Fath Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan A,pel Surabaya.

[img] Text
Alfiana Febrianti_06010921001.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Alfiana Febrianti_06010921001_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 September 2028.

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan agama Islam pada anak usia dini memiliki peranan penting dalam membentuk kepribadian, karakter, dan kecintaan anak terhadap ajaran Islam, khususnya Al-Qur’an. Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah dengan membiasakan anak menghafal surat-surat pendek sejak dini. RA Al-Fath Sidoarjo menerapkan metode pembiasaan hafalan surat-surat pendek Al-Qur’an secara rutin kepada peserta didik usia 4–6 tahun sebagai bagian dari kegiatan keagamaan harian. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya pembentukan kebiasaan positif dalam diri anak melalui pendekatan yang sesuai dengan tahap perkembangan mereka, agar kemampuan hafalan tidak hanya tercapai secara kognitif tetapi juga tertanam dalam perilaku dan kebiasaan mereka sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembiasaan menghafal surat-surat pendek Al-Qur’an pada anak usia dini serta mengkaji apakah metode tersebut efektif dalam meningkatkan kemampuan hafalan anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembiasaan diterapkan secara rutin sebelum kegiatan pembelajaran dimulai. Guru memberikan bimbingan dengan cara mendengarkan, menirukan, dan mengulang secara bersama-sama, serta memberikan motivasi kepada anak agar semangat menghafal. Pembiasaan ini terbukti meningkatkan kemampuan hafalan anak baik dari segi pelafalan, kelancaran, hingga pemahaman sederhana terhadap makna ayat. Selain itu, kegiatan ini juga menumbuhkan nilai religius dan kedisiplinan dalam diri anak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode pembiasaan merupakan pendekatan yang efektif dalam meningkatkan kemampuan menghafal surat-surat pendek Al-Qur’an pada anak usia dini di RA Al-Fath Sidoarjo. Metode ini juga mendukung perkembangan karakter dan spiritualitas anak sejak usia dini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Febrianti, Alfianaalfianaf987@gmail.com06010921001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Thesis advisorErfansyah, Nasrul Fuaderfansyah@uinsby.ac.id2128058301
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Al Qur'an
Keywords: Metode pembiasaan; menghafal; surat-surat pendek al-Qur’an; anak usia dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Alfiana Febrianti
Date Deposited: 18 Sep 2025 02:52
Last Modified: 18 Sep 2025 02:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/84254

Actions (login required)

View Item View Item