This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ningrum, Annisa Eka Ayu Cahya (2025) Pengembangan media Flipbook untuk memfasilitasi pembelajaran sejarah kebudayaan Islam. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Annisa Eka Ayu Cahya Ningrum_02040823005.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
Annisa Eka Ayu Cahya Ningrum_02040823005_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 19 October 2028. Download (7MB) |
Abstract
Tesis ini dilatarbelakangi oleh tuntutan Kurikulum Merdeka yang mendorong pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi sesuai gaya belajar, minat, dan kesiapan peserta didik melalui media digital yang interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis desain media flipbook serta keberhasilan penggunaan media flipbook dalam memfasilitasi pembelajaran sejarah kebudayaan Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model dari Robert Maribe Branch. Data dikumpulkan melalui instrumen ahli, observasi, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, desain media flipbook yang dikembangkan dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam menggunakan software flipHTML5 yang dirancang berdasarkan pada prinsip-prinsip multimedia yang dikemukakan oleh Richard E. Mayer seperti prinsip coherence, interactivity dan feedback, segmenting, modality dan contiguity, generative learning, signaling, personalization, summarizing. Dengan menerapkan prinsip-prinsip tersebut, terciptalah desain flipbook yang memuat capaian dan tujuan pembelajaran, materi disajikan bertahap, terdapat elemen multimedia, navigasi sederhana serta tata letak yang menarik dan tidak mengganggu teks. Fitur interaktif seperti kuis, forum diskusi, tugas proyek serta kemampuan diakses melalui berbagai perangkat (multidevice). Kedua, penggunaan media flipbook ini terbukti mampu memfasilitasi pembelajaran berdiferensiasi dengan memberikan ruang bagi peserta didik untuk belajar sesuai gaya belajar, kecepatan, minat, dan kebutuhan masing-masing. Media ini juga mendorong keterlibatan aktif dan kolaboratif, serta membantu pemahaman materi melalui berbagai elemen interaktif. Dengan demikian, flipbook berhasil menjadi media yang mendukung pelaksanaan pembelajaran sejarah kebudayaan Islam secara efektif.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media Sejarah Peradaban Islam |
||||||||||||
Keywords: | Pengembangan; media flipbook; pembelajaran sejarah kebudayaan Islam | ||||||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Annisa Eka Ayu Cahya Ningrum | ||||||||||||
Date Deposited: | 19 Sep 2025 04:13 | ||||||||||||
Last Modified: | 19 Sep 2025 04:13 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/84433 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |