Pengaruh environmental management accounting, sustainability report, dan green innovation terhadap nilai perusahaan: studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bBrsa Efek Indonesia (BEI) periode 2020-2024

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kusuma, Yheni Dewi Wijaya (2025) Pengaruh environmental management accounting, sustainability report, dan green innovation terhadap nilai perusahaan: studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bBrsa Efek Indonesia (BEI) periode 2020-2024. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yheni Dewi Wijaya Kusuma_08010221038.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Yheni Dewi Wijaya Kusuma_08010221038_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 September 2028.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Environmental management accounting (EMA), Sustainability report (SR), dan Green innovation (GI) terhadap nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya penerapan praktik bisnis yang ramah lingkungan dan berkelanjutan sebagai strategi perusahaan untuk meningkatkan nilai jangka panjang. Penelitian ini mengacu pada dua teori utama, yaitu Resource-Based View (RBV) yang menekankan pentingnya sumber daya internal seperti inovasi dan sistem akuntansi manajemen lingkungan, serta teori legitimasi yang menjelaskan pentingnya perusahaan menjaga hubungan baik dengan masyarakat melalui keterbukaan informasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi data panel. Sampel yang digunakan sebanyak 34 perusahaan manufaktur yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Masing-masing variabel diukur dengan indikator yang relevan: eco-efficiency untuk EMA, standar GRI (Global Reporting Initiative) untuk SR, dan green innovation checklist untuk GI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sustainability report dan Green innovation memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Artinya, semakin baik pelaporan keberlanjutan dan inovasi hijau yang dilakukan perusahaan, semakin tinggi pula nilai perusahaan yang dinilai oleh investor. Sementara itu, Environmental management accounting tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, yang kemungkinan disebabkan oleh belum optimalnya penerapan atau kurangnya transparansi kepada publik. Temuan ini menegaskan bahwa strategi keberlanjutan dan inovasi lingkungan tidak hanya menjadi bentuk tanggung jawab sosial perusahaan, tetapi juga berkontribusi langsung terhadap peningkatan nilai perusahaan di mata investor. Keterbukaan informasi dan kualitas pelaporan keberlanjutan juga perlu ditingkatkan agar dapat membangun kepercayaan publik serta memperkuat posisi perusahaan di pasar modal. Diharapkan ke depan, perusahaan semakin aktif dalam menerapkan praktik bisnis berkelanjutan, menjalin kolaborasi dengan pemangku kepentingan, serta menjadikannya sebagai bagian penting dalam menciptakan keunggulan kompetitif dan nilai yang berkelanjutan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kusuma, Yheni Dewi Wijayayhenidewi3@gmail.com08010221038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJunjunan, Mochammad Ilyasmij@uinsa.ac.id2030039303
Subjects: Akuntansi
Manajemen
Keywords: Environmental management accounting; sustainability report; green innovation; nilai perusahaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Yheni Dewi Wijaya Kusuma
Date Deposited: 22 Sep 2025 05:08
Last Modified: 22 Sep 2025 05:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/84446

Actions (login required)

View Item View Item