تحليل كتاب اللغة العربية للمدرسة الثانوية الإسلامية (MA) طباعة وزارة الشؤون الدينية في ضوء معايير التقويم رشدي أحمد طعيمة و ويليام فرانجيس ماكي (William Francis Mackey)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurcahyani, Siska (2023) تحليل كتاب اللغة العربية للمدرسة الثانوية الإسلامية (MA) طباعة وزارة الشؤون الدينية في ضوء معايير التقويم رشدي أحمد طعيمة و ويليام فرانجيس ماكي (William Francis Mackey). Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siska Nurcahyani_02040921014 OK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Siska Nurcahyani_02040921014 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 September 2028.

Download (4MB)

Abstract

Buku ajar memiliki peran yang sangat penting dalam proses belajar-mengajar, khususnya di sekolah. Pada kenyataannya banyak buku ajar yang tidak sinkron dengan kurikulum yang ditetapkan. Oleh karena itu, mengevaluasi buku ajar sangatlah penting dilakukan guna melakukan perbaikan pada kesalahan-kesalahan yang ditemukan. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan kualitas buku bahasa Arab untuk Madrasah Aliyah terbitan Kementerian Agama berdasarkan kriteria penilaian Rusydi Ahmad Thuaimah, 2) Mendeskripsikan kualitas buku bahasa Arab untuk Madrasah Aliyah terbitan Kementerian Agama berdasarkan kriteria penilaian William Francis Mackey, 3) Mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan dari buku bahasa Arab untuk Madrasah Aliyah terbitan Kementerian Agama. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif digunakan untuk menganalisis buku bahasa Arab berdasarkan teori William Francis Mackey. Sedangkan metode kuantitatif, digunakan dalam menganalisis buku bahasa Arab berdasarkan kriteria penilaian Rusydi Ahmad Thuaimah. Data dalam penelitian ini adalah semua jenis kata dan kalimat yang ada pada buku bahasa Arab untuk Madrasah Aliyah. Sedangkan Sumber data dalam analisis ini yaitu dari buku bahasa Arab kelas XI yang diterbitkan oleh Kementerian Agama. Hasil penelitian ini adalah 1) Menurut teori Rusydi Ahmad Thuaimah 41,4 % yang berarti bagus atau sesuai dengan 6 aspek kriteria penilaian Rusydi. 2) Menurut teori William Francis Mackey, buku bahasa Arab kelas XI ini sesuai dengan aspek seleksi, gradasi, presentasi, dan repetisi. Keunggulan buku ajar ini salah satunya adalah pada aspek materinya. Kekurangan dari buku ajar ini salah satunya adalah tidak menyediakan materi fonetik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurcahyani, Siskasiskanurcahyani1803@gmail.com02040921014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, Mirwan Ahmadhisbullahhuda@uinsby.ac.id2007017001
Thesis advisorHuda, Hisbullahmirwan@uinsby.ac.id2014038501
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan Islam
Pendidikan > Penelitian
Penelitian
Keywords: Analisis buku; Bahasa Arab; Kementerian Agama; Rusydi Ahmad Thuaimah; William Francis Mackey
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siska Nurcahyani
Date Deposited: 24 Sep 2025 13:20
Last Modified: 24 Sep 2025 13:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/84490

Actions (login required)

View Item View Item