Pendidikan toleransi dalam pembelajaran PAI di sekolah menengah: studi multi kasus pada SMKM 1 Surabaya dan SMA Semen Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muzaqi, Sugito (2024) Pendidikan toleransi dalam pembelajaran PAI di sekolah menengah: studi multi kasus pada SMKM 1 Surabaya dan SMA Semen Gresik. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sugito Muzaqi_01040421008 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 September 2028.

Download (5MB)
[img] Text
Sugito Muzaqi_01040421008.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi desain, penerapan, dan evaluasi pendidikan toleransi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMKN 1 Surabaya dan SMA Semen Gresik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, termasuk kurikulum, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan materi ajar. Sedangkan analisis data melalui proses pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, untuk uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain pendidikan toleransi di kedua sekolah didasarkan pada strategi kolaboratif dan inklusif yang menciptakan lingkungan belajar yang mendukung nilai-nilai kebersamaan dan toleransi antar agama, budaya dan sosial. Pada SMKN 1 Surabaya, pendekatan pengelompokan siswa heterogen dalam kelas inklusif meningkatkan pemahaman dan toleransi. Pada SMA Semen Gresik, kolaborasi antar guru dari berbagai latar belakang agama dan penerapan pembelajaran lintas agama melalui kurikulum yang inklusif memperkuat pemahaman lintas agama dan memperkuat rasa persatuan di kalangan siswa. Penerapan pendidikan toleransi di kedua sekolah menunjukkan hasil positif dalam membangun lingkungan inklusif. Interaksi antar siswa dari berbagai latar belakang di SMKN 1 Surabaya mencerminkan keberagaman masyarakat, mengurangi prasangka, dan sejalan dengan teori reproduksi sosial. Evaluasi menunjukkan bahwa pendekatan inklusif dalam pengajaran PAI, yang terbuka bagi siswa non-Muslim, menghargai keragaman keyakinan dan mengurangi diskriminasi. Kedua sekolah berhasil menciptakan iklim yang harmonis dan mendukung pembentukan masyarakat yang toleran dan kohesif. Temuan ini menegaskan pentingnya pendekatan kontekstual dan holistik dalam penerapan pendidikan toleransi serta memberikan rekomendasi strategis untuk pengembangan kurikulum PAI yang lebih inklusif dan relevan dengan dinamika sosial di Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muzaqi, Sugitomuzaqi0201@gmail.com01040421008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHilmy, Masdarmasdar.hilmy@gmail.com2002037101
UNSPECIFIEDAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Subjects: Anak
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pendidikan toleransi; toleransi; pembelajaran; PAI
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 Sep 2025 06:25
Last Modified: 22 Sep 2025 06:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/84516

Actions (login required)

View Item View Item