This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Tajuddin, Muhtar (2022) Pengembangan perangkat pembelajaran fikih untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha al-Amiriyah Madiun. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Muhtar Tajuddin_F52319314.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Muhtar Tajuddin_F52319314_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 23 September 2028. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran Fikih, yakni silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan lembar kerja siswa (LKS), untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha Al-Amiriyah Madiun. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha al-Amiriyah Madiun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Penyelenggara MDT Wustha al-Amiriyah tidak memiliki dokumen silabus, RPP, dan LKS. Silabus yang diimplementasikan adalah daftar isi kitab atau buku mata pelajaran. Pembelajaran Fikih di MDT Wustha al-Amiriyah menggunakan metode utawi iki iku khas pesantren. Yakni guru membacakan kitab kata per kata dengan makna bahasa Jawa. Dipadukan dengan ceramah dan baca-simak teks kitab kuning. (2) Desain silabus, RPP, dan LKS dibuat dengan memadukan metode pembelajaran yang sudah berjalan dengan pembelajaran yang berorientasi HOTS. Yakni pembelajaran yang memungkinakan siswa belajar secara aktif (student centered learning). Metode pembelajaran yang dipilih adalah menterjemah teks Arab ke bahasa Indonesia, membuat Mind-Map, dan tanya-jawab. (3) Draft silabus dinilai sangat valid oleh validator dengan nilai P rata-rata 100%. Sedangkan draft RPP dan LKS juga dinilai sangat valid oleh validator dengan nilai P rata-rata sebesar 93% untuk RPP dan 93,5% untuk LKS. Namun validator menyatakan bahwa RPP dan LKS masih perlu perbaikan. (4) Silabus, RPP, dan LKS yang telah diperbaiki dimplementasikan di kelas selama 5 pekan atau 5 kali pertemuan dengan durasi waktu per pertemuan 60 menit. (5) RPP 1 dinilai praktis oleh guru dengan nilai P sebesar 64,28 %. Sedangkan RPP 2 dan RPP 3 dinilai praktis oleh guru dengan masing-masing nilai P sebesar 71,42%. Sementara itu secara umum siswa memberikan respon yang sangat baik terhadap pembelajaran dengan rata-rata nilai P untuk kelas 1 sebesar 85%, kelas 2 sebesar 88%, dan kelas 3 sebesar 87%.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem |
||||||||||||
Keywords: | HOTS; pembelajaran; fikih; Madrasah Diniyah | ||||||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Muhtar Tajuddin | ||||||||||||
Date Deposited: | 23 Sep 2025 04:00 | ||||||||||||
Last Modified: | 23 Sep 2025 04:00 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/84520 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |