Implementasi play therapy untuk meningkatkan ingatan huruf abjad pada anak slow learner di MI Roudlotul Ulum Metatu Benjeng Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aurelia, Adella (2022) Implementasi play therapy untuk meningkatkan ingatan huruf abjad pada anak slow learner di MI Roudlotul Ulum Metatu Benjeng Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adella Aurelia_ B93218119 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Adella Aurelia_ B93218119 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 September 2028.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi play therapy dalam meningkatkan kemampuan mengingat huruf abjad pada anak slow learner di MI Roudlotul Ulum Metatu Benjeng Gresik. Latar belakang penelitian ini adalah adanya kesulitan belajar pada anak slow learner, khususnya dalam mengingat dan mengenali huruf abjad yang berdampak pada kemampuan membaca dan menulis. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari satu siswa slow learner yang mengalami hambatan dalam mengingat huruf abjad. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan play therapy melalui kegiatan permainan edukatif seperti kartu huruf, puzzle abjad, dan permainan interaktif lainnya dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengingat huruf abjad. Anak menunjukkan peningkatan konsentrasi, motivasi belajar, serta respons positif selama proses terapi berlangsung. Peningkatan tersebut ditandai dengan berkurangnya kesalahan dalam menyebutkan huruf serta meningkatnya kecepatan dalam mengenali huruf abjad. Dapat disimpulkan bahwa play therapy merupakan metode yang efektif dan menyenangkan dalam membantu anak slow learner meningkatkan kemampuan mengingat huruf abjad. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya guru maupun orang tua untuk mengintegrasikan permainan edukatif dalam pembelajaran sehari-hari agar anak dengan hambatan belajar dapat memperoleh pengalaman belajar yang lebih bermakna dan menyenangkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aurelia, Adellaadella.aurelia9@gmail.comB93218119
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyakur, Abdulakurasakur66@gmail.com2004076603
Thesis advisorNingsih, Yusriayusria.ningsih@uinsby.ac.id2018057601
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Play therapy; huruf abjad; anak slow learner; MI Roudlotul Ulum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Adella Aurelia
Date Deposited: 30 Sep 2025 03:58
Last Modified: 30 Sep 2025 03:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/84660

Actions (login required)

View Item View Item