Hubungan antara emotional intelligence dan kecanduan game online dengan kecenderungan perilaku agresif pada pengguna game mobile legends di Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Akbar, Raihan Alifian (2025) Hubungan antara emotional intelligence dan kecanduan game online dengan kecenderungan perilaku agresif pada pengguna game mobile legends di Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Raihan Alifian Akbar_11040121168 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 October 2028.

Download (4MB)
[img] Text
Raihan Alifian Akbar_11040121168.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji hubungan antara emotional intelligence dan kecanduan game online dengan kecenderungan perilaku agresif pada pengguna game Mobile Legends di kota Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Untuk mendapatkan data, kuesioner disebarkan kepada 272 subjek penelitian dengan kriteria pengguna game Mobile Legends berusia 16 – 25 Tahun yang berdomisili di Kota Surabaya. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur ketiga variabel dalam penelitian ini yaitu Brief Agression Questionnaire (BAQ), Emotional Quotient Index (EQI), dan Game Addiction Scale (GAS). Data yang telah terkumpul di analisis dengan teknik analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara emotional intelligence dengan kecenderungan perilaku agresif secara negatif dengan nilai signifkansi 0,001 (p < 0,05). Selanjutnya, terdapat hubungan antara kecanduan game online dengan kecenderungan perilaku agresif secara positif dengan nilai signifkansi 0,001 (p < 0,05). Besaran Sumbangan Efektif (SE) yang diberikan pada variabel emotional intelligence sebesar 35%. Sedangkan pada variabel kecanduan game online sebesar 36,1%. Dengan demikian, emotional intelligence dan kecanduan game online secara bersamaan memberikan sumbangan atau pengaruh sebesar 71,1%. Sisanya, sebesar 28,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ada dalam penelitian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Akbar, Raihan Alifianrelifian24@gmail.com11040121168
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnto, Abdul Haris Fitriabdul.haris.fitri.anto@uinsby.ac.id198506242020121003
Subjects: Game Online
Psikologi Sosial
Keywords: Emotional intelligence; game online; perilaku agresif; mobile legends
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Raihan Alifian Akbar
Date Deposited: 06 Oct 2025 07:33
Last Modified: 06 Oct 2025 07:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/84709

Actions (login required)

View Item View Item