Mobilisasi kampanye boikot produk yang terafiliasi Israel di Indonesia melalui gerakan boycott, divestment, and sanction (BDS) tahun 2023-2025

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nabila, Rif'ati Khoridatin (2025) Mobilisasi kampanye boikot produk yang terafiliasi Israel di Indonesia melalui gerakan boycott, divestment, and sanction (BDS) tahun 2023-2025. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rif’ati Khoridatin Nabila_10020221064 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Rif’ati Khoridatin Nabila_10020221064 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 October 2028.

Download (3MB)

Abstract

Konflik Palestina dan Israel yang kembali memanas sejak Oktober 2023 memicu gelombang solidaritas global, termasuk di Indonesia. Salah satu wujud nyata solidaritas tersebut adalah kampanye boikot terhadap perusahaan yang dianggap mendukung Israel, seperti Starbucks. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana mobilisasi kampanye boikot produk yang terafiliasi Israel di Indonesia dilakukan melalui gerakan Boycott, Divestment, and Sanction (BDS) tahun 2023– 2025. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis konten terhadap konten-konten media sosial serta publikasi terkait kampanye boikot yang dilakukan BDS Indonesia. Konsep utama yang digunakan Adalah networked social movements dari Manuel Castells yang menekankan karakteristik gerakan yang horizontal, desentralisasi, dan memanfaatkan ruang digital sebagai ruang perjuangan baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mobilisasi kampanye boikot dilakukan melalui strategi digital yang menggabungkan ruang maya dan ruang nyata. BDS Indonesia memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan narasi perlawanan, seruan boikot, dan membangun solidaritas digital. Konten berupa infografis, video pendek, dan hashtag seperti #FreePalestine berhasil membangun opini publik dan mendorong aksi nyata berupa berbagai bentuk mobilisasi kampanye boikot di Indonesia. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa mobilisasi kampanye boikot produk yang terafiliasi Israel melalui BDS Indonesia merupakan contoh nyata networked social movements yang mampu memanfaatkan teknologi digital untuk memicu aksi kolektif masyarakat dalam isu global. Temuan ini menunjukkan peran penting masyarakat sipil dalam hubungan internasional kontemporer melalui ruang digital sebagai sarana perjuangan sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nabila, Rif'ati Khoridatinrifatiknabila@gmail.com10020221064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChalik, Abdulachalik_el@yahoo.co.id2027067302
Subjects: Hubungan Internasional
Keywords: BDS; Networked Social Movements; Mobilisasi; Media Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Rif'ati Khoridatin Nabila
Date Deposited: 08 Oct 2025 02:09
Last Modified: 08 Oct 2025 02:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/84720

Actions (login required)

View Item View Item