This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ahyar, Fazirah Iftania (2025) Analisis hukum positif dan hukum pidana Islam terhadap penanggulangan tindak pidana kekerasan terhadap anak di SDN 01 Blimbing Malang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Fazirah Iftania Ahyar_C03219015 full.pdf Restricted to Repository staff only until 28 October 2028. Download (2MB) |
|
|
Text
Fazirah Iftania Ahyar_C03219015.pdf Download (2MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Analisis Hukum Positif dan Hukum Pidana Islam terhadap Penanggulanhan Tindak Pidana Kekerasan Terhadap Anak di Kabupaten Malang. Skripsi ini ditulis guna menjawab pertanyaan yang dituangkan didalam Rumusan masalah yaitu : Apa penyebab terjadinya tindak pidana terhadaap anak di sekolah Dasar Negeri 01 Blimbing dan Bagaimana penanggulangan tindak pidana kekerasan terhadap anak di Sekolah Dasar Negeri 01 Blimbing menurut hukum positif dan hukum pidana Islam. Data penelitian ini menggunakan field research, teknik pengumpulan data berupa wawancara dengan pihak sekolah dan beberapa guru disekolah dasar Negeri 01 Blimbing, dengan di dukung menggunakan studi kepustakaan. Kemudian data yang diperoleh tersebut, dianalisis dengan menggunakan jenis penelitian Empiris dengan pola pikir induktif. Kemudian disusun secara struktur dan sistematis sehingga dapat menjelaskan beberapa penyebab terjadinya bullying yang terjadi disekolah, dan bentuk perlindungan hukum kekerasan Bullying terhadap anak. Berikutnya, data tersebut dioalah dan dianalisis menggunakan hukum Islam dan hukum positif. Berdasarkan tinjauan hasil penelitian yang dilakukan penulis menyimpulkan Perundungan yang terjadi dilingkungan sekolah dapat dipengaruhi dengan latar belakang siswa, lingkungan disekitar siswa, atau pola pengasuhan orangtua dan sebagainya. Perundungan yang terjadi disebabkan oleh hal-hal yang sepele yang memuncak karena emosi siswa ataupun siswi disekolah. Dalam kasus perlindungan Hukum anak Korban Bullying di Sekolah Dasar Negeri Blimbing 01 mempunyai kaitan dengan Maqasid syariah, karena salah satu tujuan Maqasid syariah adalah menjamin dalam pemberian perlindungan, memberikan hak terhadap anak agar tetap bisa hidup dan menjaga kemslahatan umat manusia dibumi. Undang-undang perlindungan anak dan Hukum Islam memiliki kasamaan dalam memandang bullying atau perundungan sebagai perbuatan yang dilarang dan dapat dikenakan sanksi. UU perlindungan anak mengatur tentangg sanksi pidana bagi pelaku bullying. Upaya pencegahan bullying dapat dilakukan melalui pendidikan, sosialisasi dan penagakan hukum. Penanganan bullying membutuhkan dukungan dari berbagai pihak dari luar ataupun dari dalam sekolah sehingga dapat mewujudkan tujuan sekolah sebagai institusi penyelenggara pendidikan. Ada beberapa faktor pendukung dalam penanganan perilaku bullying yaitu adanya program piloting anti bullying, penegakkan tata tertib terkait anti bullying dan yang terakhir yakni kerjasama antar pihak sekolah yang selalu menjag akomunikasi dengan baik, memiliki perhatian dan kepekaan yang tinggi terhadap perilaku bullying. Sejalan dengan kesimpulan diatas, penulis menyarankan: pertama, untuk mengupayakan dalam penanggulagan kekerasan dengan memberikan motivasi kepada siswa agar memiliki mental yang kuat dan bersikap realistis. Yang kedua memberikan perlindungan hukum terhadap anak korban bullying dan memberikan efek jera kepada pelaku bullying agar memiliki efek jera, akan tetapi harus sesuai dengan undang-undang yang berlaku
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Creators: |
|
||||||||
| Contributors: |
|
||||||||
| Subjects: | Anak Hukum > Hukum Pidana Islam Kekerasan |
||||||||
| Keywords: | Hukum positif; hukum pidana Islam; tindak pidana kekerasan; anak SDN | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam | ||||||||
| Depositing User: | Fazirah iftania Ahyar | ||||||||
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 06:45 | ||||||||
| Last Modified: | 28 Oct 2025 06:45 | ||||||||
| URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/84967 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
