This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Syaifudin, Mochamad (2025) Al-Arabiyyah li dhawi al-ihtiyajat al-khassah: studi pengembangan bahan ajar di MI Terpadu Ar-Roihan Lawang Malang berbasis Visual. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Mochamad Syaifudin_01040121009 OK.pdf Download (7MB) |
|
|
Text
Mochamad Syaifudin_01040121009 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 30 October 2028. Download (7MB) |
Abstract
Pendidikan inklusif memerlukan dukungan bahan ajar yang adaptif, terutama bagi siswa berkebutuhan khusus seperti tuna rungu. Namun, keterbatasan bahan ajar yang sesuai sering menjadi kendala dalam pembelajaran, khususnya dalam penguasaan bahasa Arab. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk: (a) mengidentifikasi tipologi gangguan berbahasa pada siswa berkebutuhan khusus, (b) mengembangkan bahan ajar Al-Arabiyyah li Dhawi al-Ihtiyajat al-Khassah bagi siswa tuna rungu, dan (c) mengukur efektivitas bahan ajar tersebut di MI Terpadu Ar-Roihan Lawang Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (mixed method) dengan model penelitian dan pengembangan (R&D). Desain pengembangan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan uji coba bahan ajar dengan menggunakan pretest dan posttest. Analisis data dilakukan dengan uji statistik Paired Samples Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipologi gangguan berbahasa pada anak berkebutuhan khusus di MI Terpadu Ar-Roihan Lawang Malang terdiri dari lima kategori: (1) gangguan motorik, (2) defisit sensoris, (3) kerusakan pada sistem saraf pusat, (4) disfungsi emosional, dan (5) gangguan kognitif. Pengembangan bahan ajar Al-Arabiyyah li Dhawi al-Ihtiyajat al-Khassah pada siswa tuna rungu terbukti efektif. Berdasarkan uji normalitas, data pretest memiliki nilai signifikansi 0,858 (> 0,05) dan posttest 0,880 (> 0,05), menunjukkan data berdistribusi normal. Uji homogenitas menunjukkan nilai signifikansi 0,458 (> 0,05), sehingga data homogen. Uji Paired Samples Test menunjukkan nilai signifikansi 0,046 (< 0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Temuan ini membuktikan bahwa bahan ajar yang dikembangkan secara khusus untuk siswa tuna rungu mampu meningkatkan kemampuan berbahasa Arab secara signifikan. Implementasi bahan ajar berbasis model ADDIE tidak hanya memperkuat penguasaan materi, tetapi juga membantu siswa tuna rungu lebih percaya diri dalam berkomunikasi. Bahan ajar ini efektif karena menggabungkan pendekatan visual dan praktik langsung, sesuai dengan kebutuhan khusus siswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
| Item Type: | Thesis (PhD) | ||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Creators: |
|
||||||||||||
| Contributors: |
|
||||||||||||
| Subjects: | Bahasa Arab Buku > Buku Pelajaran |
||||||||||||
| Keywords: | Bahan Ajar; Siswa Berkebutuhan Khusus | ||||||||||||
| Divisions: | Program Doktor > Studi Islam | ||||||||||||
| Depositing User: | Mochamad Syaifudin | ||||||||||||
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 02:55 | ||||||||||||
| Last Modified: | 30 Oct 2025 02:55 | ||||||||||||
| URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/84998 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
