Al-Arabiyyah li dhawi al-ihtiyajat al-khassah: studi pengembangan bahan ajar di MI Terpadu Ar-Roihan Lawang Malang berbasis Visual

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syaifudin, Mochamad (2025) Al-Arabiyyah li dhawi al-ihtiyajat al-khassah: studi pengembangan bahan ajar di MI Terpadu Ar-Roihan Lawang Malang berbasis Visual. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochamad Syaifudin_01040121009 OK.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Mochamad Syaifudin_01040121009 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 October 2028.

Download (7MB)

Abstract

Pendidikan inklusif memerlukan dukungan bahan ajar yang adaptif, terutama bagi siswa berkebutuhan khusus seperti tuna rungu. Namun, keterbatasan bahan ajar yang sesuai sering menjadi kendala dalam pembelajaran, khususnya dalam penguasaan bahasa Arab. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk: (a) mengidentifikasi tipologi gangguan berbahasa pada siswa berkebutuhan khusus, (b) mengembangkan bahan ajar Al-Arabiyyah li Dhawi al-Ihtiyajat al-Khassah bagi siswa tuna rungu, dan (c) mengukur efektivitas bahan ajar tersebut di MI Terpadu Ar-Roihan Lawang Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (mixed method) dengan model penelitian dan pengembangan (R&D). Desain pengembangan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan uji coba bahan ajar dengan menggunakan pretest dan posttest. Analisis data dilakukan dengan uji statistik Paired Samples Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipologi gangguan berbahasa pada anak berkebutuhan khusus di MI Terpadu Ar-Roihan Lawang Malang terdiri dari lima kategori: (1) gangguan motorik, (2) defisit sensoris, (3) kerusakan pada sistem saraf pusat, (4) disfungsi emosional, dan (5) gangguan kognitif. Pengembangan bahan ajar Al-Arabiyyah li Dhawi al-Ihtiyajat al-Khassah pada siswa tuna rungu terbukti efektif. Berdasarkan uji normalitas, data pretest memiliki nilai signifikansi 0,858 (> 0,05) dan posttest 0,880 (> 0,05), menunjukkan data berdistribusi normal. Uji homogenitas menunjukkan nilai signifikansi 0,458 (> 0,05), sehingga data homogen. Uji Paired Samples Test menunjukkan nilai signifikansi 0,046 (< 0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Temuan ini membuktikan bahwa bahan ajar yang dikembangkan secara khusus untuk siswa tuna rungu mampu meningkatkan kemampuan berbahasa Arab secara signifikan. Implementasi bahan ajar berbasis model ADDIE tidak hanya memperkuat penguasaan materi, tetapi juga membantu siswa tuna rungu lebih percaya diri dalam berkomunikasi. Bahan ajar ini efektif karena menggabungkan pendekatan visual dan praktik langsung, sesuai dengan kebutuhan khusus siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syaifudin, Mochamadmochamadthole81@gmail.com01040121009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMudlofir, Alimudlofir_ali@yahoo.com2016116301
Thesis advisorHuda, Hisbullahhisbullahhuda70@yahoo.com2007017001
Subjects: Bahasa Arab
Buku > Buku Pelajaran
Keywords: Bahan Ajar; Siswa Berkebutuhan Khusus
Divisions: Program Doktor > Studi Islam
Depositing User: Mochamad Syaifudin
Date Deposited: 30 Oct 2025 02:55
Last Modified: 30 Oct 2025 02:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/84998

Actions (login required)

View Item View Item