This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Bukhori, Mohammad Bagas (2025) Branding dalam aktivitas dakwah Ustadz Hanan Attaki di instagram. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Mohammad Bagas Bukhori_10010321019 OK.pdf Download (31MB) |
|
|
Text
Mohammad Bagas Bukhori_10010321019 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 18 November 2028. Download (31MB) |
Abstract
Perkembangan media sosial telah membawa perubahan signifikan dalam strategi komunikasi, termasuk dalam dakwah Islam. Salah satu da’i yang aktif memanfaatkan media sosial adalah Ustadz Hanan Attaki, yang dikenal dengan pendekatan dakwah yang dekat dengan generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana personal branding Ustadz Hanan Attaki dibangun melalui Instagram serta bagaimana audiens merespons dan menginterpretasikan citra dirinya sebagai da’i digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan netnografi. Data dikumpulkan melalui observasi terhadap konten Instagram Ustadz Hanan Attaki, dan komentar audiens yang mengikuti akun tersebut, serta analisis semiotika pada elemen visual dan naratif yang digunakan dalam konten dakwahnya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruksi sosial dari Peter L. Berger dan Thomas Luckmann untuk memahami bagaimana identitas personal branding terbentuk dan diterima dalam interaksi digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa personal branding Ustadz Hanan Attaki dibangun melalui penggunaan simbol-simbol visual, gaya komunikasi yang santai, serta konten yang relevan dengan kehidupan anak muda. Audiens merespons secara positif dengan menganggapnya sebagai da’i yang inspiratif, relatable, dan membangun kesadaran keislaman dengan pendekatan yang modern. Studi ini memberikan wawasan tentang bagaimana strategi personal branding dalam dakwah digital dapat berkontribusi dalam penyebaran ajaran Islam di era media sosial.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
| Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Creators: |
|
||||||||
| Contributors: |
|
||||||||
| Subjects: | Biografi Sosiologi Islam |
||||||||
| Keywords: | Personal Branding; Media Sosial; Dakwah Digital; Instagram; Ustadz Hanan Attaki | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi | ||||||||
| Depositing User: | Bagas Bukhori | ||||||||
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 01:57 | ||||||||
| Last Modified: | 18 Nov 2025 01:57 | ||||||||
| URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/85071 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
