Branding dalam aktivitas dakwah Ustadz Hanan Attaki di instagram

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bukhori, Mohammad Bagas (2025) Branding dalam aktivitas dakwah Ustadz Hanan Attaki di instagram. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Bagas Bukhori_10010321019 OK.pdf

Download (31MB)
[img] Text
Mohammad Bagas Bukhori_10010321019 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 November 2028.

Download (31MB)

Abstract

Perkembangan media sosial telah membawa perubahan signifikan dalam strategi komunikasi, termasuk dalam dakwah Islam. Salah satu da’i yang aktif memanfaatkan media sosial adalah Ustadz Hanan Attaki, yang dikenal dengan pendekatan dakwah yang dekat dengan generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana personal branding Ustadz Hanan Attaki dibangun melalui Instagram serta bagaimana audiens merespons dan menginterpretasikan citra dirinya sebagai da’i digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan netnografi. Data dikumpulkan melalui observasi terhadap konten Instagram Ustadz Hanan Attaki, dan komentar audiens yang mengikuti akun tersebut, serta analisis semiotika pada elemen visual dan naratif yang digunakan dalam konten dakwahnya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruksi sosial dari Peter L. Berger dan Thomas Luckmann untuk memahami bagaimana identitas personal branding terbentuk dan diterima dalam interaksi digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa personal branding Ustadz Hanan Attaki dibangun melalui penggunaan simbol-simbol visual, gaya komunikasi yang santai, serta konten yang relevan dengan kehidupan anak muda. Audiens merespons secara positif dengan menganggapnya sebagai da’i yang inspiratif, relatable, dan membangun kesadaran keislaman dengan pendekatan yang modern. Studi ini memberikan wawasan tentang bagaimana strategi personal branding dalam dakwah digital dapat berkontribusi dalam penyebaran ajaran Islam di era media sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bukhori, Mohammad Bagasbukhoribagas4@gmail.com10010321019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetianingsih, Dwidwisetia@gmail.com2022127201
Subjects: Biografi
Sosiologi Islam
Keywords: Personal Branding; Media Sosial; Dakwah Digital; Instagram; Ustadz Hanan Attaki
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Bagas Bukhori
Date Deposited: 18 Nov 2025 01:57
Last Modified: 18 Nov 2025 01:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/85071

Actions (login required)

View Item View Item