Hubungan self-efficacy dan dukungan sosial dengan academic burnout pada siswa SMK Al Falah Winong Pati

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adn, Raasicha (2025) Hubungan self-efficacy dan dukungan sosial dengan academic burnout pada siswa SMK Al Falah Winong Pati. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Raasicha Adn_11020121101.pdf

Download (11MB)
[img] Text
Raasicha Adn_11020121101_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 November 2028.

Download (11MB)

Abstract

Academic burnout adalah suatu kondisi dimana individu mengalami kelelahan yang disebabkan oleh tuntutan akademik, memiliki perasaan pesimis dan berkurangnya minat belajar, serta merasa tidak kompeten sebagai siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-efficacy dan dukungan sosial terhadap academic burnout siswa SMK Al Falah Winong Pati. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi. Untuk mendapatkan data, kuesioner disebarkan kepada 325 subjek penelitian. Data yang berhasil terkumpul dianalisis dengan teknik analisis regresi linier berganda dengan dilakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-efficacy dan dukungan sosial berhubungan secara signifikan terhadap academic burnout. Variabel sefl-efficacy dan dukungan sosial berkolerasi negatif terhadap academic burnout. Hal tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi self-efficacy dan dukungan sosial yang dimiliki, maka semakin rendah academic burnout yang dialami. Sumbangan yang diberikan self-efficacy terhadap academic burnout sebesar 17,4%, sementara sumbangan dukungan sosial terhadap academic burnout sebesar 19,3%. Sumbangan yang diberikan oleh variabel self-efficacy dan dukungan sosial pada academic burnout yaitu sebesar 29%

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adn, Raasicharaasicha@gmail.com11020121101
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFauziyah, Nailatinnailatin.fauziyah@uinsby.ac.id2012067403
Subjects: Psikologi
Keywords: Self-Efficacy; dukungan sosial; academic burnout
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Raasicha Adn
Date Deposited: 11 Nov 2025 05:34
Last Modified: 11 Nov 2025 05:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/85076

Actions (login required)

View Item View Item