Penerapan pembelajaran berdiferensiasi untuk peningkatkan kemampuan kognitif kelompok B anak usia 5-6 tahun di RA Cahaya Insani Bohar Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nafarida, Ifta Hasniah (2025) Penerapan pembelajaran berdiferensiasi untuk peningkatkan kemampuan kognitif kelompok B anak usia 5-6 tahun di RA Cahaya Insani Bohar Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ifta Hasniah Nafarida_06020921034.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ifta Hasniah Nafarida_06020921034_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 November 2028.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5–6 tahun di RA Cahaya Insani Bohar Sidoarjo melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Latar belakang penelitian ini adalah adanya permasalahan dalam perkembangan kognitif anak, terutama dalam mengklasifikasikan benda, berhitung dengan lambang bilangan, dan mengurutkan ukuran, yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang seragam dan kurangnya variasi aktivitas sesuai gaya belajar anak. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan subjek penelitian adalah anak Kelompok B RA Cahaya Insani Bohar Sidoarjo. Data dikumpulkan melalui penilaian unjuk kerja, observasi aktivitas guru dan peserta didik, serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Siklus I, kemampuan kognitif anak masih belum optimal dengan rata-rata nilai 71,6 dan persentase ketuntasan belajar 45%. Observasi aktivitas peserta didik dan guru juga menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran berdiferensiasi belum maksimal. Berdasarkan refleksi Siklus I, dilakukan perbaikan tindakan pada Siklus II, termasuk penambahan media bantu visual dan variasi aktivitas yang lebih sesuai. Pada Siklus II, terjadi peningkatan signifikan pada kemampuan kognitif anak. Rata-rata nilai meningkat menjadi 86, dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 86%, yang telah memenuhi indikator keberhasilan penelitian (minimal 75%). Observasi aktivitas peserta didik mencapai 96,1 dan aktivitas guru mencapai 97,9, menunjukkan pelaksanaan pembelajaran yang optimal. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5–6 tahun, karena mampu mengakomodasi perbedaan kebutuhan belajar setiap anak dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif dan menarik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nafarida, Ifta Hasniahifta.hasniah9@gmail.com06020921034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Thesis advisorErfansyah, Nashrul Fuaderfansyah@uinsa.ac.id2128058301
Subjects: Anak
Metode Pembelajaran
Pendidikan
Keywords: Pembelajaran berdiferensiasi; kemampuan kognitif; anak usia 5–6 tahun; penelitian tindakan kelas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Ifta Nafarida
Date Deposited: 18 Nov 2025 02:04
Last Modified: 18 Nov 2025 02:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/85117

Actions (login required)

View Item View Item