Analisis pengaruh kualitas layanan, kemudahan akses dan fitur aplikasi byond by bsi terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia generasi Z di Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Satrin, Denasa Junita (2025) Analisis pengaruh kualitas layanan, kemudahan akses dan fitur aplikasi byond by bsi terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia generasi Z di Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Denasa Junita Satrin_08040421200 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 December 2028.

Download (3MB)
[img] Text
Denasa Junita Satrin_08040421200.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bank Syariah Indonesia merupakan hasil penggabungan tiga bank syariah milik BUMN dan kini menjadi bank syariah terbesar di Indonesia. Dalam menghadapi tantangan era digital dan perubahan perilaku konsumen, khususnya generasi Z yang sangat adaptif terhadap teknologi, BSI terus melakukan inovasi dalam memberikan layanan perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan, kemudahan akses, dan fitur aplikasi BYOND by BSI terhadap kepuasan nasabah BSI generasi Z di Kota Surabaya. Studi ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode asosiatif kausal melalui kuesioner. Pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling metode accidental sampling dengan rumus Lemeshow yang berjumlah 100 responden dari kalangan generasi Z nasabah BSI dan pengguna aplikasi BYOND by BSI. Teknik analisa yang digunakan yaitu uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, sedangkan kemudahan akses memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah. Sedangkan fitur aplikasi menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Secara simultan, kualitas layanan, kemudahan akses dan fitur aplikasi BYOND by BSI secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan nasabah BSI generasi Z. Nilai R-Square sebesar 0,663 menunjukkan bahwa 66,3% variasi kepuasan nasabah dijelaskan oleh ketiga variabel inndependen, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti memberi rekomendasi bagi Bank Syariah Indonesia untuk terus memfokuskan pengembangan pada kualitas layanan dan inovasi fitur aplikasi, karena aspek-aspek tersebut lebih menentukan tingkat kepuasan nasabah dari kalangan generasi muda. Peningkatan berkelanjutan pada dua aspek ini dapat menjadi kunci dalam membangun loyalitas nasabah serta memperkuat posisi BSI di tengah persaingan perbankan digital yang semakin ketat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Satrin, Denasa Junitadenasaajunita@gmail.com08040421200
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKalimah, Sitisiti.kalimah@uinsa.ac.id2127078701
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Internet
Keywords: Kualitas layanan; fitur aplikasi byond; nasabah BSI; generasi Z
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Denasa Junita Satrin
Date Deposited: 09 Dec 2025 09:01
Last Modified: 09 Dec 2025 09:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/85304

Actions (login required)

View Item View Item