This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rahma, Ila Rofiqoti Rizkya (2025) Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Ila Rofiqoti Rizkya Rahma_D94219054 ok.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
Ila Rofiqoti Rizkya Rahma_D94219054 full.pdf Restricted to Repository staff only until 26 September 2028. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari rendahnya kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa di SMPN 1 Singgahan, yang dipengaruhi oleh kurangnya pelibatan siswa dalam pembelajaran sehingga mereka cenderung pasif dan kurang terdorong berpikir kritis. Sebagai solusi, digunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah penerapan PBL, (2) motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan PBL, (3) pengaruh PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, (4) pengaruh PBL terhadap motivasi belajar siswa, dan (5) pengaruh PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen dengan desain penelitian quasi experimental bentuk pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMPN 1 Singgahan dengan sampel kelas IX-A sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-B sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik pengambilan random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan tes kemampuan berpikir kritis dan observasi motivasi belajar dengan instrumen berupa soal tes kemampuan berpikir kritis siswa dan lembar observasi motivasi belajar siswa. Adapun teknik analisis data menggunakan pengujian hipotesis dengan independent sample test. Penelitian ini memperoleh hasil sebagai berikut: (1) kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum penerapan model pembelajaran PBL termasuk dalam kategori rendah. Sedangkan setelah penerapan model pembelajaran PBL, kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen menjadi tinggi, sedangkan kemampuan berpikir kritis kelas kontrol tetap rendah (2) motivasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum penerapan model pembelajaran PBL termasuk dalam kategori rendah. Sedangkan setelah penerapan model pembelajaran PBL, motivasi belajar siswa kelas eksperimen menjadi tinggi, sedangkan kemampuan berpikir kritis kelas kontrol tetap rendah, (3) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (4) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran PBL terhadap motivasi belajar siswa. (5) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran PBL terhadap motivasi belajar siswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Creators: |
|
||||||||||||
| Contributors: |
|
||||||||||||
| Subjects: | Matematika Motivasi Belajar Pendidikan > Pembelajaran |
||||||||||||
| Keywords: | Model pembelajaran problem based learning; kemampuan berpikir kritis, motivasi belajar | ||||||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
| Depositing User: | Ila Rofiqoti Rizkya Rahma | ||||||||||||
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 03:35 | ||||||||||||
| Last Modified: | 10 Dec 2025 03:35 | ||||||||||||
| URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/85390 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
