مقارنة فعالية الطريقة التقليدية و الطريقة قوانتم في المدرسة الثانوية الإسلامية الفلاح سيدوارجا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Budiono, Budiono (2010) مقارنة فعالية الطريقة التقليدية و الطريقة قوانتم في المدرسة الثانوية الإسلامية الفلاح سيدوارجا. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Budiono_D02205077.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pelajaran bahasa arab selama ini dianggap sebagai bahasa yang sulit, karena selain hanya sebagai bahasa kedua juga qowaid (grammar), susunan (structure), maupun mufrodat yang sulit untuk dilafalkan.Dan fakta dilapangan menunjukkan bahwa bahasa arab menjadi momok bagi siswa, baik disekolah yang berbasis agama maupun disekolah umum yang mengajarkan bahasa arab.Hal ini sangat ironis mengingat bahasa arab adalah bahasa internasional yang memegang peranan penting terutama dalam dunia islam.Tidak kalah penting lagi adalah bahasa arab juga yang menjadi bahasa Al-Quran, yang notabene adalah kitab suci pedoman umat islam. Berangkat dari kenyataan tersebut penulis ingin menjembatani berbagai macam kesulitan tersebut dengan metode pembelajaran yang dianggap paling cocok dalam mempelajari bahasa arab.Kebanyakan dari para siswa sudah mengalami banyak kesulitan ketika menginjak pada pengenalan mufrodat, dan inilah yang membuat kesulitan pada tahap selanjutnya dalam mempelajari bahasa arab.Dari pengenalan mufrodat tersebutlah sebenarnya pembelajaran bahasa arab dimulai ke materi selanjutnya beserta maharoh-maharohnya.Yang tidak kalah penting dari sekedar pengenalan mufrodat, adalah bagaimana siswa juga bias menerapkannya dalam pembelajaran. Metode Taqlidiyah selama ini yang sudah sering dipakai dalam pembelajaran bahasa yang sering dipakai dalam pembelajaran bahasa arab, dalam penelitian ini penulis juga membandingkan efektivitas penerapannya dengan metode Quantum di SMP Al-Falah Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah interview, observasi dan angket untuk mengetahui tingkat pembelajaran bahasa arab dengan metode Taqlidiyah (variable x) dengan pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan metode Quantum (variable Y).Sedangkan rumus statistic t-testdigunakan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran bahasa arab dengan kedua metode tersebut untuk mengetahui tingkat pemahamn siswa terhadap mufrodat dan penggunaannya terhadap siswa-siswi SMP Al-Falah Sidoarjo. Demikian abstraksi penelitian ini mudah-mudahan dapat membantu pembaca dalam memahami skripsi ini.amin.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Budiono, Budiono-D02205077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDimyathi, Muhammad Afifudinafifudindimyathi@uinsby.ac.id2007057901
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode Quantum; Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Aug 2010
Last Modified: 06 Jul 2021 09:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8591

Actions (login required)

View Item View Item