This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rizki, Putri (2010) INTERAKSI SOSIAL ANAK AUTIS DENGAN INTELEGENSI SUPERIOR. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
bab 4.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
pustaka.pdf Download (17kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah interaksi sosial anak autis yang memiliki intelegnsi superior, subyek yang merupakan anak penyandang autis ringan dan telah bersekolah di sekolah anak-anak normal tepatnya di TK cahaya ananda Sedati Sidoarjo. Penellitian ini dilakukan dengan tujuan: pertama, untuk mengetahui bagaimana keadaan latar belakang setting sosial subyek. Kedua, untuk mendeskripsikan faktor apa saja yang mempengaruhi interaksi sosial subyek. Ketiga, untuk memahami bentuk interaksi sosial yang dilakukan subyek.
Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus intrinsik, dengan penelitian kualitatif sampel dan sumber data yang dipilih adalah snow ball atau chain sampling. Dan metode analisis data mengacu pada analisis induktif yang mengikuti Patton yakni dimulai dari wawancara khusus, kemudian memunculkan tema-tema, lalu kategori-kategori dan pola hubungan diantara kategori tersebut.
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa interaksi sosial yang dilakukan oleh seorang anak autis yang memiliki intelegensi superior terjadi dengan latar belakang setting sosial yang berbeda pada tiap contoh kasus subyek penelitian. Faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial subyek juga cukup beragam, baik itu faktor dari dalam maupun dari luar, mulai dari pihak orangtua yang memberikan perhatian serta pemahaman khusus terhadap kondisi subyek serta adanya usaha home program yang dilakukan oleh orantua subyek di rumah, dari pihak sekolah juga memberikan pemahaman serta penerimaan yang berbeda dengan anak-anakl pada umumnya dan menerapkan program khusus untuk subyek, serta adanya pendidikan di luar sekolah seperti terapi wicara dan terapi okupasi yang telah diikuti oleh subyek. Bentuk interaksi sosial yang dilakukan subyek pun bermacam-macam mulai dari sekedar menyapa, menegur, bahkan sampai mengajak komunikasi serta mulai adanya keberanian untuk menjalin pertemanan dengan teman sebayanya meskipun itu hanya dengan 1 atau 2 atau bahkan 3 anak saja.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Psikologi | ||||||
Keywords: | Interaksi Sosial; Autis; Intelegensi | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2010 | ||||||
Last Modified: | 17 Feb 2015 00:46 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8604 |
Actions (login required)
View Item |