Layanan Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan kemandirian akademik dan penyelesaian masalah akademik siswa (dalam proses belajar) siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Riskiyah, Riskiyah (2010) Layanan Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan kemandirian akademik dan penyelesaian masalah akademik siswa (dalam proses belajar) siswa. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Riskiyah_B07206020.pdf

Download (4MB)

Abstract

Persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu mengenai layanan Bimbingan dan Konseling yang ada di sekolah dalam meningkatkan kemandirian akademik siswa dan penyelesaian masalah akademik siswa di sekolah, yang bertujuan untuk mengetahui dan memahami layanan bimbingan dan konseling
yang ada disekolah dalam meningkatkan kemandirian akademik dan penyelesaian masalah akademik siswa. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis deskriptif yang berguna untuk memberikan fakta dan data tentang layanan bimbingan dan konseling di sekolah guna meningkatkan kemandirian akademik siswa dan penyelesaian masalah akademik siswa. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa layanan bimbingan dan konseling yang diberikan kepada siswa disekolah dalam meningkatkan kemandirian akademik siswa adalah layanan bimbingan belajar dan layanan konseling perorangan, sedangkan masalah akademik yang dialami siswa adalah masalah dalam proses belajar disekolah. Dalam mengatasi masalah akademik (belajar) siswa tersebut, peran guru bimbingan dan konseling yang dituntut untuk lebih berperan aktif dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling terhadap siswa. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan dan konseling yang ada disekolah tersebut masih kurang efektif dalam pelaksanaannya sebagai tugas guru bimbingan dan konseling. Hal itu disebabkan karena selain daripada tugas guru bimbingan dan konseling yang jauh bertolak belakang daripada tugas guru bimbingan dan konseling yang sebagaimana mestinya, persepsi sebagai polisi sekolahpun masih kerap dikonsumsi oleh siswa dan guru yang ada di sekolah. Oleh karena itulah tugas bimbingan dan konseling harus dilakukan oleh orang-orang yang memang mempunyai pengetuan dan kompetensi yang sesuai dengan tugas dan profesi yang sebenarnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Riskiyah, Riskiyah--UNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Manajemen Pendidikan
Keywords: Bimbingan dan konseling; Kemandirian akademik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Aug 2010
Last Modified: 12 Mar 2019 05:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8607

Actions (login required)

View Item View Item