Analisis kesalahan siswa kelas VII-G SMP Negeri 1 Tulangan Sidoarjo dalam menyelesaikan masalah-masalah perbandingan bentuk soal cerita

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rusdianto, Herdian Dwi (2010) Analisis kesalahan siswa kelas VII-G SMP Negeri 1 Tulangan Sidoarjo dalam menyelesaikan masalah-masalah perbandingan bentuk soal cerita. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Herdian Dwi Rusdianto_D04205058.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan-temuan dilapangan yang menunjukkan bahwa siswa kelas VII-G SMP Negeri 1 Tulangan belum memahami topik-topik dalam matematika, salah satunya adalah pokok bahasan masalah-masalah perbandingan bentuk soal cerita. Adapun masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini berupa pertanyaan penelitian sebagai berikut: (1) Apakah jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah-masalah perbandingan bentuk soal cerita. (2) Apakah penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah-masalah perbandingan bentuk soal cerita. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang sifatnya eksploratif yang bertujuan untuk menemukan problem baru. Pengambilan subyek penelitian ini adalah 6 siswa kelas VII-G SMP Negeri 1 Tulangan semester 1, tahun ajaran 2009/2010 yang didasarkan pada kesalahan terbanyak yang dilakukan siswa ditinjau dari jenis kesalahannya. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan sebagai berikut: (1) Jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah-masalah perbandingan bentuk soal cerita adalah: (a) kesalahan konsep, (b) kesalahan prinsip, (c) kesalahan operasi, (d) kesalahan kealpaan. (2) Penyebab kesalahan tersebut adalah: (a) Tidak memahami konsep perbandingan senilai dan berbalik nilai. (b)Tidak memahami apa yang ditanyakan dalam soal sehingga subyek tidak dapat mendeskripsikan soal cerita kedalam bentuk model matematika. (c) Lupa akan rumus untuk menyelesaikan masalah. (d) Tidak teliti dalam melakukan penghitungan. (e) Subyek kurang berminat dengan materi perbandingan bentuk soal cerita. (f) Subyek tidak suka menghitung. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bahwa guru dalam mengajarkan suatu konsep perbandingan menggunakan alat peraga yang sesuai, sehingga siswa dapat menerima materi pelajaran dengan baik, lebih sering memberikan kuis sebagai motivator agar siswa lebih semangat lagi belajarnya, memberi penekanan dalam mengajar mengenai materi prasyarat seperti melakukan operasi pembagian bilangan, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan, dan memberi penekanan dalam mengajar mengenai materi yang dominan terjadi kesulitan pada siswa yang mengakibatkan banyak terjadi kesalahan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rusdianto, Herdian DwiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendekatan
Pendidikan > Evaluasi
Pendidikan > Metode
Keywords: Analisis; Kesulitan; Kesalahan; Kekeliruan; Soal Cerita; Jenis Kesalahan; Kualitatif-eksploratif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Aug 2010
Last Modified: 14 May 2019 02:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8705

Actions (login required)

View Item View Item