UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN MELALUI EKSTRAKURIKULER BTQ PADA SISWA KELAS XIIDI MA UNGGULAN TLASIH TULANGAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aqli, Agus Rosifat (2014) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN MELALUI EKSTRAKURIKULER BTQ PADA SISWA KELAS XIIDI MA UNGGULAN TLASIH TULANGAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal diketahui siswa kelas XII MA Unggulan Tlasih Tulangan Sidoarjo masih banyak yang kemampuan membaca Al-Qur’an kurang baik dan tidak lancar. Padahal, guru dapat memanfaatkan kegiatan ekstrakulikuler BTQ untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas XII MA Unggulan Tlasih Tulangan Sidoarjo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berupa penelitian lapangan (Field Research) yang berorientasi pada pengumpulan data empiris. Penelitian kualitatif ini menggunakan teknik triangulasi yang terdiri atas: (1) triangulasi metode, (2) triangulasi sumber data, (3) triangulasi teori. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XII. Lokasi penelitian di MA Unggulan Tlasih Tulangan Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan metode induktif dan metode deduktif yang diaplikasikan dengan tiga jalur analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disebutkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas XII MA Unggulan dapat dikatakan masih dalam tahap kemampuan dasar. Proses pembelajaran kegiatan ekstrakurikuler BTQ yang dilaksanakan di MA Unggulan sudah sesuai dengan petunjuk dan pedoman yang ada namun pelaksanaanya berbeda karena minimnya waktu denngan terbentur dengan ekstrakulikuler lain. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan membaca siswa masih lambat. Hal ini dapat saja dipengaruhi oleh beberapa faktor yang diantaranya waktu pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler BTQ, alat-alat penunjang kegiatan BTQ yang masih minim dan hanya menggunakan buku At Tartil perjilid, dan juga faktor internal dari siswa itu sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: M. Nawawi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aqli, Agus RosifatUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Ekstrakurikuler; BTQ; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Feb 2015 01:47
Last Modified: 17 Feb 2015 01:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/871

Actions (login required)

View Item View Item