Penerapan model pembelajaran kooperatif dengan problem posing untuk meningkatkan aktivitas bertanya siswa dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan SPLDV Kelas VIII MTs Darul Ulum Waru

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fi'liyah, Fi'liyah (2010) Penerapan model pembelajaran kooperatif dengan problem posing untuk meningkatkan aktivitas bertanya siswa dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan SPLDV Kelas VIII MTs Darul Ulum Waru. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fi'liyah_D04205015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti dari tempat PPL di SMAM 3 Tulangan, rata-rata siswa yang aktif bertanya masih sangat sedikit. Untuk menindak lanjuti hal ini, peneliti melanjutkan penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif dengan problem posing di MTs Darul Ulum Waru. Berdasarkan informasi dari guru matematika di tempat penelitian, selama ini siswa masih minim sekali aktivitas bertanyanya. Menurut peneliti untuk memotivasi aktivitas bertanya siswa, maka perlu diterapkan model pembelajaran kooperatif dengan problem posing. Di dalam pembelajaran ini siswa akan dikelompokkan ke dalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari siswa yang heterogen baik dari tingkat kepandaian maupun jenis kelamin yang akan saling bekerjasama dan berdiskusi dalam kelompoknya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas bertanya siswa dan ketuntasan belajar siswa selama pelaksanaan model pembelajaran kooperatif dengan problem posing. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen yang dilaksanakan dalam dua sub pokok bahasan di MTs Darul Ulum Waru kelas VIII tahun pelajaran 2009/2010. Secara keseluruhan populasi terdiri dari delapan kelas dengan dua kelas unggulan dan enam kelas yang homogen. Dalam penelitian ini peneliti mengambil kelas yang homogen, dan terpilih kelas VIII-F sebagai subjek penelitian. Dari kelas VIII-F ini dibagi menjadi tujuh kelompok, sedangkan yang menjadi subjek pengamatan aktivitas bertanya dan tugas kelompok diambil tiga kelompok sebagai subjek pengamatan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif dengan problem posing pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII-F MTs Darul Ulum Waru pada pembelajaran submateri 1 rata-rata aktivitas bertanya siswa telah memenuhi kualifikasi cukup aktif dengan rata-rata 24 dari skala 22,52 ≤ Mean 25,48. Sedangkan pada pembelajaran submateri 2 rata-rata aktivitas bertanya siswa juga sudah memenuhi kualifikasi cukup aktif dengan rata-rata 26,33 dari skala 25,7≤ Mean 26,96. Hal ini mengindikasikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dengan problem posing telah dilakukan dengan optimal dan telah mengalami peningkatan dari pembelajaran submateri 1 saempai pembelajaran submateri 2. (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif dengan problem posing pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel diketahui dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-F MTs Darul Ulum Waru tahun ajaran 2009/2010, yakni dari rata-rata 85,67 menjadi 91. Sedangkan hasil post test menunjukkan banyak siswa yang tuntas adalah 36 orang dan persentase siswa yang tuntas secara klasikal adalah 86% atau lebih besar dari 85%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fi'liyah, Fi'liyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Prestasi Belajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Pembelajaran Kooperatif; Problem Posing; Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Aug 2010
Last Modified: 24 May 2019 05:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8711

Actions (login required)

View Item View Item