Perbandingan hasil belajar siswa yang mendapat model pembelajaran Inkuiri dan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada pokok bahasan Aljabar di Kelas VII MTs Hasanuddin Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fithriyah, I'in (2010) Perbandingan hasil belajar siswa yang mendapat model pembelajaran Inkuiri dan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada pokok bahasan Aljabar di Kelas VII MTs Hasanuddin Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (289kB)
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab6.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (748kB) | Preview

Abstract

Salah satu karakteristik guru profesional adalah mengusai sejumlah keterampilan mengajar, khususnya dalam menerapkan berbagai model pembelajaran sebagai sarana untuk mendorong keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa agar dapat mencapai tujuan pembelajaran. Peneliti menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan model pembelajaran inkuiri, karena model pembelajaran inkuiri berusaha meletakkan dasar dan mengembangkan cara berfikir ilmiah, serta mengembangkan kekreatifan dalam memecahkan masalah. Sedangkan model pembelajaran STAD merupakan tipe pembelajaran kooperatif yang cukup sederhana, karena kegiatan pembelajaran yang dilakukan masih dekat kaitannya dengan pembelajaran konvensional yang mana terdapat penyajian informasi atau materi pelajaran. Penelitian ini digunakan untuk medeskripsikan hasil belajar siswa dan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa antara yang mendapat model pembelajaran STAD dan inkuiri. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Hasanuddin Tebel Sidoarjo tahun ajaran 2008-2009, yang terdiri dari kelas VII-A, VII-B, VII-C. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan cara Random Sampling atau sampel acak. Sampel penelitian terdiri dari kelas VII-C sebagai kelas ke-I dengan menerapkan model pembelajaran STAD dan VII-B sebagai kelas ke-II dengan model pembelajaran inkuiri. Instrument yang digunakan meliputi RPP dan lembar observasi (soal tes). Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik yang meliputi uji normalitas, homogenitas dan uji kesamaan dua rata-rata. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan ketuntasan belajar siswa dengan model pembelajaran STAD berada dalam kategori tuntas, sedangkan model pembelajaran inkuiri berada dalam kategori tidak tuntas. Analisis data juga menunjukkan bahwa ( = 5,99; = 1,67), yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran STAD dengan yang diajar menggunakan model inkuiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fithriyah, I'in--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Model Pembelajaran STAD; Inkuiri
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Aug 2010
Last Modified: 14 May 2019 07:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8728

Actions (login required)

View Item View Item