تدريس النحو علي أساس التقابل اللغوي: تدريس الأفعال المتعدية بحرف درسا نموذجيا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nasaruddin, Nasaruddin (2010) تدريس النحو علي أساس التقابل اللغوي: تدريس الأفعال المتعدية بحرف درسا نموذجيا. Lisania Jurnal Ilmu dan Pendidikan Bahasa Arab, 1 (02). ISSN 2086-9304

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Isi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia yang berorientasi pada penguasaan nahwu terbukti tidak efektif. paling tidak dari dua sisi: materi dan metode pembelajaran. Dari sisi materi, pelajaran nahwu yang diajarkan terlalu banyak dan tidak memiliki skala prioritas. Hal ini karena yang dijadikan acuan utama adalah buku-buku nahwu dan bukan buku-buku pembelajaran nahwu. Juga karena pemilihan materi tidak didasarkan pada studi prioritas baik atas dasar pertimbangan linguistik maupun kebutuhan pembelajaran. Sementara dari sisi metode, pembelajaran nahwu umumnya terlalu teoritis dan tidak berorientasi pada aplikasi. Akibatnya, pembelajaran lebih mengarah pada penguasaan teori-teori nahwu dan bukan pada aplikasinya dalam berbahasa Arab. Pembelajaran nahwu berbasis studi kontrastif bisa menjadi solusi atas persoalan ini. Karena dengan mengacu pada hasil kontrastif antara nahwu bahasa Arab dan tata bahasa Indonesia, pembelajaran nahwu akan terarah, memiliki prioritas dan aksentuasi yang jelas, serta berlangsung lebih efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nasaruddin, Nasaruddinnasaruddin@uinsby.ac.id2009097501
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIED., ...
Subjects: Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Bahasa Arab; nahwu; studi kontrastif.
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Jurnal
Depositing User: Users 3213 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2016 03:59
Last Modified: 14 Jan 2020 07:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8879

Actions (login required)

View Item View Item