Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas inklusif di sekolah kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukhoyaroh, Roziqoh (2011) Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas inklusif di sekolah kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Vita Octaviani_D01207095.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran pendidikan agama Islam pada kelas inklusif merupakan tema yang menarik untuk dikaji. Pasalnya disaat sekolah-sekolah reguler pada umumnya hanya menerima siswa-siswa yang tidak bermaalah akan tetapi di sekolah yang menerapkan kelas inklusif ini malah menerima siswa yang berkeutuhan khusus dengan alasan setiap manusia mempunyai hak yang sama untuk menimba ilmu. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana pembelajaran pendidikan agama Islam pada kelas iklusif di kelas 1 Sekolah Kreati SD Muhammadiyah 16 yang Surabaya. Meliputi kurikulum, metode pembelajaran, media, dan evaluasi. Dalam sekripsi ini juga akan mengungkap faktor pendukung dan penghambat pembelajaran pendidikan agama Islam pada kelas inkluisif di Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya. Jenis penelitian ini dapat dikategorikan sebagai penelitian diskriptif kualitatif. Yaitu dengan menganalisis data yang diperoleh tanpa mempersoalkan hubungan atas variabel. Sedengkan sumber data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari penelitian ini dapat diambil benang merah bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam pada kelas inklusif di kelas 1 Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya sudah cukup bagus. Alasannya, sekolah ini terbukti telah mampu menerapkan pembelajaran pendidikan agama Islam pada kelas yang hiterogen dengna menggunakan metode yang menyenangkan sehingga pembelajaran mudah ditangkap oleh siswa yang normal maupun yang berkebutuhan khsusus. Walaupun demikan masih juga ada beberapa perlu penyempurnaan.
Oleh karena itu para dewan guru harus tetap mencoba variasi baru dalam mengajar agar siswa tidak jenuh dan kelas menjadi menyenangkan. menurut penulis sesuatu tidak pernah luput dari kekurangan begitu pula dengan skripsi ini, penulis mengakui skripsi ini masih banyak kekurangan yang penulis belum ketahui. Kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan dari pembaca semua.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukhoyaroh, RoziqohUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Metode
Keywords: Pendidikan Islam; Pembelajaran Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 Nov 2011
Last Modified: 17 May 2019 08:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8920

Actions (login required)

View Item View Item