Perbandingan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam antara sebelum RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional) dan sesudah RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional) di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chafidhah, Nur (2011) Perbandingan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam antara sebelum RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional) dan sesudah RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional) di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Chafidhah_D01207193.pdf

Download (895kB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah membandingkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam antara Sebelum RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional) dan Sesudah RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional) di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya. Untuk mengarahkan pembahasan pada fokus penelitian tersebut, maka penelitian ini diarahkan untuk menjawab permasalahan sebagai berikut mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya sebelum menjadi RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) dan setelah menjadi RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional), mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) sebelum RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) dan sesudah RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya dan menemukan faktor yang menyebabkan perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) antara sebelum RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) dan sesudah RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis komparasi atau komparatif. Data yang terkumpul kemudian dianalisis sesuai dengan jenis datanya. Data tentang pelaksanaan RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional), hasil belajar siswa sebelum RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional) dan hasil belajar siswa sesudah RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional) kemudian dianalisis menggunakan perhitungan manual dan menggunakan software minitab melalui rumus uji t. Teknik ini dilakukan guna untuk mengetahui pengujian hipotesis diterima atau ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa batas daerah kritisnya terletak di titik -4,83 sedangkan nilai taksiran perbedaan rata-rata dari kedua nilai tersebut, berada di titik -7,86. Artinya nilai taksiran tersebut berada di daerah penolakan . Hal ini juga didukung dari perolehan nilai P-value, dimana nilai P-value yang dihasilkan adalah (0,10), yaitu 0,000 yang berarti tolak . Artinya ada perbedaan rata-rata antara nilai PAI (Pendidikan Agama Islam) sebelum dan sesudah RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional). Atau dapat diartikan pula bahwa nilai PAI (Pendidikan Agama Islam) sesudah RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) lebih baik dibandingkan dengan nilai PAI (Pendidikan Agama Islam) sebelum RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional)

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chafidhah, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pendidikan - Sekolah Internasional
Keywords: RSBI; Rintisan Sekolah Berstandar Internasional; Hasil Belajar Siswa.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Dec 2011
Last Modified: 09 Apr 2019 04:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9056

Actions (login required)

View Item View Item