Pengaruh sumber bahan ajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap pemahaman siswa Kelas X di SMA Al Islam Krian

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Winda Nur (2011) Pengaruh sumber bahan ajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap pemahaman siswa Kelas X di SMA Al Islam Krian. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (435kB)
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi semakin banyaknya buku pedoman guru, akan tetapi pada kenyataannya masih banyak guru yang menggunakan satu pedoman buku paket dan Lembar Kerja Siswa, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, akibatnya proses pembelajaran proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru belum berperan secara optimal. Disini peneliti menemukan cara bagaimana pembelajaran tersebut dapat difahami oleh siswa dengan baik, yaitu dengan cara guru harus menggunakan buku pedoman lebih dari satu sebagai sumber bahan ajar agar lebih menarik pemahaman siswa, yang lebih menarik di SMA Al-Islam Krian ternyata sudah menggunakan buku pedoman yang lebih dari satu buku untuk menjadi sumber bahan ajar. Karena itulah peneliti tertarikuntuk mengadakan penelitian dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana pemilihan sumber bahan ajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMA Al-Islam Krian. (2) Bagaimana pemahaman siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMA Al-Islam Krian. (3) Bagaimana pengaruh sumber bahan ajar terhadap pemahaman mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa di kelas X SMA Al-Islam Krian. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik angket. Langkah-langkah yang dilakukan peneliti yakni, peneliti melakukan penyebaran angket kepada peserta didik dan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan prosentasi. Berdasarkan dari hasil penelitian yang diperoleh peneliti dari lapangan dan dari perhitungan dengan menggunakan rumus prosentase dan product moment dapat disimpulkan penggunaan sumber bahan ajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMA Al-Islam Krian sebesar 58,98%. Dan pemahaman siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMA Al-Islam Krian memiliki prosentase 70,99%. Dan berdasarkan perhitungan statistik dengan rumus regresi, diketahui harga a = 2,174 dan b =1,125. Dan dari hasil prediksi nilai pemahaman siswa dalam pemilihan sumber bahan ajar adalah 35,924. Dan untuk membuktikan pengaruh antara variabel X dan Y menggunakan data statistik sederhana yaitu menggunakan rumus r product moment. Setela nilai Rxy diketahui yaitu 0,41. Dan selanjutnya dilihat dengan df-28 berarti taraf 1%=,478 dan taraf 5%=0,374 berarti ro rt, maka konsekuensinya adalah (Ha) diterima dan (Ho) ditolak. Jadi, kesimpulannya penggunaan sumber bahan ajar di SMA Al-Islam Krian dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran PAI.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Winda Nur--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Media
Keywords: Bahan Ajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Dec 2011
Last Modified: 22 May 2018 07:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9085

Actions (login required)

View Item View Item