Peningkatan prestasi belajar Mufrodat bahasa Arab siswa kelas V MI Mambaul Ulum Surabaya dengan strategi Card Sort

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laili, Anis Nur (2011) Peningkatan prestasi belajar Mufrodat bahasa Arab siswa kelas V MI Mambaul Ulum Surabaya dengan strategi Card Sort. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anis Nur Laili_D06207007.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah ini adalah Peningkatan Prestasi Belajar Mufrodat Bahasa Arab kelas V semester genap MI Mambaul Ulum Surabaya dengan strategi Card Sort. Yang disebabkan oleh rendahnya kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru, orang yang secara lansung terlibat dalam pembelajaran. Guru hanya menggunakan metode ceramah, terjemah, dan hafalan bukan dengan praktek langsung menggunakan media sehingga menimbulkan kebosanan pada siswa. Bahwasannya media pembelajaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses belajar mengajar, karena disamping dapat menarik perhatian siswa, juga dapat menyampaikan pesan yang ingin disampaikan pada mata pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengungkapkan bahwa strategi Card Sort dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, (2) Mendeskripsikan proses peningkatan prestasi belajar mufradat pada mata pelajaran bahasa Arab dengan strategi Card Sort pada siswa kelas V di MI Mambaul Ulum Surabaya, Penelitian bersifat kualitatif, dengan mengambil latar MI Mambaul Ulum Surabaya pengambilan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan (observasi), wawancara dan dokumentasi untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Analisis data dilakukan dengan mengungkapkan makna yaitu makna dan proses pembelajaran sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar melalui tindakan yang dilakukan, dalam penelitian ini menggunakan data statistic sederhana untuk mengungkapkan data. Adapun urutan kegiatan penelitian yaitu: (1) perencanaan, (2) penerapan (3) pengamatan dan (4) refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kemampuan mufrodat Bahasa Arab siswa kelas V di MI Mambaul Ulum Surabaya sebelum menggunakan strategi Card Sort sangat rendah sekali, dilihat dari ketuntasnya, siswa yang sudah tuntas 35,89% dan yang belum tuntas 64,10%. Dikarenakan strateginya kurang menarik untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran, siswapun menjadi bosan dan jenuh dalam pembelajaran. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan selama dua siklus, satu siklus terdiri dari dua pertemuan yang diawali dengan observasi awal pembelajaran. (2) Penerapan Strategi Card Sort dalam mata pelajaran bahasa Arab siswa kelas V di MI Mambaul Ulum Surabaya, dapat dilihat dari beberapa model langkah- langkah strategi Card Sort yang begitu banyak. (3) Peningkatan prestasi belajar mufrodat Bahasa Arab siswa kelas V MI Mambaul Ulum Surabaya setelah menggunakan strategi Card Sort sangat meningkat. Dilihat dari ketuntasannya, Pada siklus I 76,92% dan pada siklus II menjadi 92,30%. Hal ini dapat ditunjukkan dari sikap dan keantusiasan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran, serta tidak memerlukan waktu yang lama untuk dapat memahamkan peserta didik terhadap pelajaran yang disajikan dengan mengaplikasikan strategi Card Sort Kalaupun masih ada alternatif lain yang mungkin lebih baik dari apa yang telah disampaikan atau ditulis dalam skripsi ini, maka hal itu dapat dijadikan sebagai masukan atau tambahan agar skripsi ini terus berkembang dan tidak berhenti sampai disini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laili, Anis NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Prestasi; Strategi; Card Sort
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2011
Last Modified: 29 May 2019 05:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9215

Actions (login required)

View Item View Item