Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran SKI dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Siswa Kelas IV Sd Darul Ulum Bungurasih Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zamroni, Ahmad (2011) Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran SKI dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Siswa Kelas IV Sd Darul Ulum Bungurasih Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Zamroni_D06207036.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9238

Abstract

Mata pelajaran Agama terutama dalam Sejarah Islam, peserta didik mendapat nilai rendah. Hal ini disebabkan oleh kekeliruan kita dalam mengajarkan sejarah Islam yang cenderung bersifat searah, dalam arti guru merupakan pusat aktivitas kegiatan belajar mengajar di kelas, segala sesuatu bersumber pada guru karena dianggap yang paling tahu segala sesuatu yang harus diketahui peserta didik. Menanggapi hal tersebut, maka dengan dilaksanakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui penelitian tidakan kelas diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar SKI materi peristiwa isra' mi'raj pada siswa kelas IV SD Darul Ulum Bungurasih Sidoarjo.Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran SKI dengan model pembelajaran Kooperatiftipe STAD di SD Darul Ulum Bungurasih Sidoarjo, (2) Bagaimana prestasi belajar siswa SD Darul Ulum Bungurasih Sidoarjo mata pelajaran SKI dengan model pembelajaran Kooperatiftipe STAD, (3) Apakah model pembelajaran Kooperatiftipe STAD pada mata pelajaran SKI dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui implementasi pembelajaran SKI dengan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD; (2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI dengan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD; {3) Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI dengan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD.Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, lembar pengamatan dalam kelompok, tes clan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dari uraian diatas peneliti menyimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD Darul Ulum Bungurasih Sidoarjo. Hal ini ditunjukkan dengan diketahui bahwa pada siklus I rata-rata kelas cukup baik dengan angka 61,15 dan prosentase kelulusannya mencapai 46, 15%, besarnya prosentase ini sudah dikatakan baik tetapi perlu diadakan review ulang, agar memperoleh data yang maksimal, kita ketahui standar prestasi belajar seperti yang dijelaskan sebelumnya adalah mencapai 85%. Pada siklus II nilai rata­ rata siswa meningkat menjadi 78,84 atau dapat dikategorikan baik, begitu juga dengan prosentase prestasi belajar mencapai 92,30% dan angka tersebut termasuk kategori baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zamroni, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: Prestasi Belajar SKI; Pembelajaran Kooperatiftipe STAD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2011
Last Modified: 08 Jul 2019 02:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9238

Actions (login required)

View Item View Item