Efektifitas metode Suggestopedia dalam meningkatkan pemahaman Vocabulary bahasa Inggris kelas VA SDN Bulak Rukem II Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Huda, Chafidz Choirul (2011) Efektifitas metode Suggestopedia dalam meningkatkan pemahaman Vocabulary bahasa Inggris kelas VA SDN Bulak Rukem II Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Chafidz Choirul Huda_D06207001.pdf

Download (843kB)

Abstract

Pembelajaran bahasa pada hakikatnya adalah belajar berkomunikasi. Seharusnya pembelajaran bahasa diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi baik, secara lisan maupun tertulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yaitu listening, speaking, reading dan writing. Keempat keterampilan inilah yang digunakan untuk menanggapi atau menciptakan wacana dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, mata pelajaran Bahasa Inggris diarahkan untuk mengembangkan keterampilan-keterampilan tersebut agar lulusan mampu berkomunikasi dan berwacana dalam bahasa Inggris pada tingkat literasi tertentu. Akan tetapi, dalam penyampaiannya banyak sekali kendala sehingga peserta didik kurang bisa menerima. Mulai dari kurang pahamnya peserta didik terhadap kosakata asing, faktor tenaga pendidik yang kurang mumpuni dalam penguasaan materi, faktor metode yang kurang tepat sebagai alat interaksi hingga faktor motivasi siswa dalam pembelajaran. Semua faktor tersebut sangat mempengaruhi pembelajaran Bahasa Inggris. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mendiskripsikan tentang : (1)Penerapan metode suggestopedia dalam pembelajaran Bahasa Inggris kelas V (2)Efektivitas suggestopedia dalam meningkatkan pemahaman vocabulary Bahasa Inggris kelas V-A SDN Bulak Rukem Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dan tempat penelitian ini adalah siswa kelas V-A SDN Bulak Rukem II Surabaya yang berjumlah 41 siswa. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan pengukuran tes hasil belajar. Sedangkan untuk analisisnya, dokumentasi, dan pengukuran tes hasil belajar. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Metode suggestopedia baik diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Inggris kelas V. Hal ini ditunjukkan dengan hasil observasi siswa, bahwa antusiasme dan keaktifan siswa sangat tinggi dalam mengikuti pembelajaran dengan metode suggestopedia. (2) Pembelajaran dengan menggunakan Metode suggestopedia pada mata pelajaran Bahasa Inggris, telah dinyatakan efektif. Hal ini ditunjukkan dengan hasil observasi siswa, observasi guru, dan hasil belajar siswa yang telah mencapai kriteria yang telah ditentukan dalam penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Huda, Chafidz ChoirulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Bahasa Inggris
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode Suggestopedia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2011
Last Modified: 29 May 2019 06:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9242

Actions (login required)

View Item View Item