STRATEGI BISNIS DALAM SURAT AL-QURAISY AYAT 1 - 4

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qomariyah, Siti Lailatul (2014) STRATEGI BISNIS DALAM SURAT AL-QURAISY AYAT 1 - 4. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (688kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (735kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (148kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana penafsiran para ulama terhadap surat Al-Quraisy ayat 1-4 dan bagaimana strategi bisnis yang terkandung dalam surat tersebut.
Penelitian ini bersifat kepustakaan (library research) melalui penggalian dan penelusuran terhadap kitab-kitab, buku-buku dan catatan-catatan lainnya yang berhubungan dengan penelitian ini. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan metode tahlily, yaitu metode menafsirkan ayat-ayat Alquran dengan memaparkan segala aspek yang terkandung di dalam ayat yang ditafsirkan tersebut, serta
menerangkan makna-makna yang terkandung di dalamnya, sesuai dengan keahlian dan kemampuan mufassir yang menafsirkan ayat tersebut.
Secara garis besar, penafsiran surat Al-Quraisy menjelaskan kenikmatan Allah yang sangat besar yang dianugerahkan kepada suku Quraisy. Namun, jika dikaji lebih dalam lagi, penafsiran surat Al-Quraisy ini mengandung strategi
bisnis dalam setiap kalimat-kalimatnya. Terdapat delapan strategi bisnis yang terkandung dalam surat Al-Quraisy; pertama, ketekunan, pembelajaran serta pembiasaan dari kecil yang digambarkan dengan lafaz} i>la>f; kedua, Brand Equity dan Master Brand yang digambarkan dengan lafaz} quraish; ketiga, ekspansi ke luar, membangun network, serta keahlian diplomasi dan negosiasi yang digambarkan dengan lafaz rih}lah; keempat, segmentasi pasar yang digambarkan
dengan lafaz} al-shita>’i wa al-s}aif; kelima, balance antara bisnis dan ibadah.
Bahkan bisnis digunakan dakwah yang digambarkan dengan lafaz} falya’budu>; keenam, positioning yang digambarkan dengan lafaz} al-bait. Adapun yang ketujuh adalah tawakkal yang disertai dengan kerja keras yang digambarkan dengan lafaz} alladhi> at’amahum min ju>’; dan kedelapan, berani mengambil risiko yang digambarkan dengan lafaz} wa a>manahum min khauf.
Demikianlah Alquran memberikan tuntunan kepada orang Muslim,
khususnya bagi orang yang menjalankan suatu bisnis. Alquran tidak hanya memberikan tuntunan dalam hal ibadah, tetapi juga dalam hal muamalah. Semoga hasil penelitian ini bisa diterapkan untuk mengatasi sebagian masalah umat, yakni
lapangan kerja, dan sebagai manusia yang jauh dari sempurna, pasti akan ada kekurangan dalam penelitian ini, maka diharapkan penelitian ini juga memungkinkan diteliti lebih lanjut untuk menemukan strategi lebih teknis dalam
terapan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Fadjrul Hakam Chozin
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qomariyah, Siti LailatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Perbandingan Agama
Perbandingan Agama
Keywords: Strategi Bisnis; Perbandingan Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Perbandingan Agama
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2015 01:25
Last Modified: 18 Feb 2015 01:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/925

Actions (login required)

View Item View Item