Pengaruh Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SDN Banyu Urip V Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahmudah, Rifa'atul (2011) Pengaruh Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SDN Banyu Urip V Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (443kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (208kB) | Preview

Abstract

Metode Quantum Learning sebagai salah satu alternatif dalam Pembelajaran IPA (SAINS), yang membawa siswa belajar dalam suasana yang lebih nyaman dan menyenangkan. Siswa akan lebih bebas dalam menemukan berbagai pengalaman baru dalam belajarnya, sehingga diharapkan dapat tumbuh berbagai kegiatan belajar siswa. Dalam kegiatan belajar siswa, guru berperan sebagai penggerak atau pembimbing, sedangkan siswa berperan sebagai penerima atau yang dibimbing. Dalam penelitian ini ada rumusan masalah yang dikaji adalah apakah metode Quantum Learning dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Banyuurip V Surabaya pada mata pelajarn IPA? Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui ada pengaruh atau tidak metode Pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang diterapkan untuk siswa kelas III SDN Banyuurip V Surabaya. Berikut Langkah atau proses pembelajaran QL di dalam kelas Dalam hal ini, peneliti menggunakan acuan dari bukunya Bobby de Porter yang berjudul Quantum Teaching (mempraktikkan Qantum Learning Di ruangruang kelas). Dimana komponen kerangka rancangan berikut adalah tinjauan sekilas mengenai TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, Rayakan). Langkah awal sebelum setelah perkenalan yaitu menumbukan minat kepada siswa dengan memberikan motivasi agar keinginan anak dalam belajar selalu ada, kemudian memberikan pengalaman belajar yang mudah dimengerti siswa misalnya dengan menunjukkan bentuk bola pada siswa dan dalam hal ini peneliti member kesemapatan kepada siswa untuk menebak apa benda tersebut.
Setelah itu ulangi yaitu dengan mengulangi materi dengan memberi penegasan kembali apa yang sudah dipelajari. Yang terakhir yaitu rayakan, maksud rayakan disini yaitu memberikan pengakuan atas penyelesaian, partisipasi dan
pemerolehan keterampilan dan ilmu pengetahuan yaitu dengan Jadilah pelajar yang baik. Untuk mengetahui pengaruh metode Quantum Learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajarn IPA digunakanlah metode Eksperimen yang dimana peneliti ikut terjun untuk memberikan treatment kepada objek yang diteliti kemudian data tersebut diuji validitas dan reliabilitasnya dengan menggunakan Iteman kemudian dilanjutkan dengan uji normalitas dan 7 linearitas dengan menggunakan program SPSS 14,00 dalam buku statistic untuk psikologi. Oleh Drs Agung Santoso kemudian dianalisis secara kritis dengan menggunakan statistic parametric dengan analisis uji t-sampel berpasangan dalam buku Analisis Statistik oleh Dr Abdul Muhid Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa adanya pengaruh metode Quantum Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam Mata Pelajaran IPA.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahmudah, Rifa'atul--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Quantum Learning; hasil belajar siswa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Dec 2011
Last Modified: 13 Jul 2018 08:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9309

Actions (login required)

View Item View Item