Pendidikan Multikultural pada materi Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Sepuluh November Desa Kupang Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauziyah, Faidatul (2011) Pendidikan Multikultural pada materi Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Sepuluh November Desa Kupang Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Sikap saling menerima, menghargai nilai, budaya, keyakinan yang berbeda tidak otomatis akan berkembang sendiri, sikap demikian akan cepat berkembang bila dilatihkan dan dididikkan pada generasi muda dalam sistem pendidikan nasional. Dengan pendidikan, sikap penghargaan terhadap perbedaan yang direncanakan dengan baik, pada generasi muda dilatih dan disadarkan akan pentingnya penghargaan pada orang lain dan budaya lain. Jika cita ideal pendidikan seperti itu dapat terwujud di hati sanubari dan perilaku masyarakat, maka itulah yang disebut dengan pendidikan multikultural yang bermuara pada multikulturalisme. Secara umum pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran yang dikembangkan dari ajaran-ajaran dasar yang terdapat dalam agama Islam. Ajaran-ajaran tersebut terdapat dalam al-qur’an dan al-hadits untuk kepentingan pendidikan, dengan melalui proses ijtihad para ulama mengembangkan materi pendidikan agama Islam pada tingkat yang lebih rinci. Materi pendidikan agama Islam tidak hanya mengantarkan peserta didik untuk menguasai berbagai ajaran Islam. Tetapi yang terpenting adalah bagaimana peserta didik dapat mengamalkan ajaran-ajaran itu dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana penerapan pendidikan multikultural pada materi pendidikan agama Islam di SMAI Sepuluh November. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan data kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, obsevasi, dokumentasi dan library reseach (penelitian keperpustakaan). Teknik analisa data yang digunakan adalah kajian isi (content analysis) diskriptif kualitatif bertujuan untuk menggambarkan keadaan atau ingin mengetahui suatu fenomena tertentu. Teknik kajian isi dilakukan dengan mengidentifikasi data yang diperolah, diolah kemudian dianalisis secara konseptual untuk menemukan hasil dari penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SMAI Sepuluh November menerapkan pendidikan multikultural pada materi pendidikan Agama Islam. Adapun pengaplikasian tersebut dilakukan melalui penambahan tema atau memasukkan nilai-nilai multikultural pada materi pendidikan agama Islam yang ada di SMAI Sepuluh November, pengajarannya dilakukan dengan cara menyeluruh dan mendalam. Dengan demikian pendidikan multikultural pada materi pendidikan agama Islam sangat penting untuk diterapkan, hal ini untuk mengantisipasi realitas kemajemukan yang ada dalam masyarakat. Dimana penerapan nilai-nilai multikultural pada materi pendidikan agama Islam untuk bisa membantu mewujudkan perdamaian atau toleransi di tengah-tengah kemajemukan masyarakat itu sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauziyah, Faidatul--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Pendidikan Multikultural
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Dec 2011
Last Modified: 21 May 2018 06:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9414

Actions (login required)

View Item View Item