Pandangan Aliran Progressivisme tentang pendidikan dan aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan Islam SMP As-Sa'adah Benowo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadiroh, Ana (2011) Pandangan Aliran Progressivisme tentang pendidikan dan aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan Islam SMP As-Sa'adah Benowo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ana Nadiroh_D31207021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Progressivisme sebagai aliran filsafat pendidikan berpusat pada siswa dan memberi penekanan lebih besar pada kreativitas , aktifitas, bakat dan hasil belajar dunia nyata, anak –anak dipersiakan untuk masa sekarang dan masa yang akan datang. Anak didik bukannya manusia kecil tetapi manusia seutuhnya yang mempunyai potensi berkembang. Maka dari itu aliran progressivisme menjadi aliran pendidikan yang menghargai kreatifitas dan kebebasan yang dimiliki setiap anak didik. Mereka dapat tumbuh dan berkembang dipengaruhi oleh pengalaman, baik perubahan fisik,
intelektual maupun moral yang berlangsung secara kontinuitas. Dengan menempatkan pengalaman sebagai bagian dari pendidikan, maka setiap gerak pendidikan merupakan langkah untuk menentukan nasip sebuah generasi di masa
depan. Generasi sangat ditentukan oleh kondisi pengalaman sebelumnya, dan hal ini dapat menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi pendidikan. Dari uaraian diatas, kiranya perlu dikaji secara komprehensif tentang pandangan aliran progressivisme dalam Pendidikan yakni: pertama, kebebasan dalam pendidikan. Kedua, pengembangan pendidikan (progressive education movement). Ketiga, Potensi dasar anak didik (man’s natural power). Keempat, kurikulum. Hal ini dilakukan sebagai asumsi dasar bahwa pendidikian mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki manusia. Fokus Penelitian adalah Apakah pandangan aliran progressivisme tentang kebebasan, pengembangan pendidikan (progressive education movemen, dasar (man’s natural power) dan kurukulum dilaksanakan dalam lembaga pendidikan Islam SMP As-Sa’adah Benowo Surabaya? Dalam menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode desrkroptif kualitatif dengan analisa deskriftif analisys content. Dalam penelitian ini analisis data manunjukkan aplikasi pandangan Aliran Progressivisme tentang pendidikan di lemabaga pendidikan islam SMP As-Sa’adah Benowo menunjukkan prosentase 83,4 %. Hasil tersebut menunjukkan SMP As- Sa’adah berkembang lebih baik dari tahun sebelumnya dan menjadi lebih baik lagi
dimasa yang akan datang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadiroh, AnaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Administrasi
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen
Keywords: Progressive education movement; Aliran Progresivisme
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Dec 2011
Last Modified: 17 May 2019 08:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9417

Actions (login required)

View Item View Item