Studi kasus tentang siswa Muallaf dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 3 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amaliya, Farida (2011) Studi kasus tentang siswa Muallaf dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 3 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Farida Amaliya_D31207047.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penulis mengambil judul studi kasus tentang siswa muallaf dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 3 Sidoarjo. Latar Belakang penelitian ini adalah Pendidikan Agama Islam di sekolah adalah usaha untuk menyiapkan peserta didik
dalam menyakini, memahami, menghayati agama Islam melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan atau latihan dengan memperhatikan tuntutan untuk menghormati agama lain dalam hubungan kerukunan antara umat beragama dalam masyarakat
untuk mewujudkan persatuan nasional. Dalam realita, siswa muallaf sering mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah. Hal ini wajar sebab ia baru mengenal Islam dan perlu memahami agama Islam secara mendalam. Selain itu proses konversi agamanya dipengaruhi dari faktorfaktor sosiologis. Dengan demikian dapat dikatakan pula dalam konversi agama
terdapat pengaruh timbal balik antara kekuatan dalam batin dan kekuatan luar, antara faktor-faktor psikologis dan faktor-faktor sosiologis. Sebagai seorang muallaf tentu
siswa tersebut mengalami masalah (problematika) dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) bagaimana proses perpindahan (konversi) agama yang dialami siswa muallaf di SMA Negeri 3 Sidoarjo, (2) bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 3 Sidoarjo, dan (3) problematika atau masalah-masalah apa saja yang dialami siswa muallaf dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)
dan solusinya di SMA Negeri 3 Sidoarjo. Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif (deskriptif kualitatif), adapun metode yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Proses perpindahan (konversi) agama yang dialami siswa muallaf di SMA Negeri 3 Sidoarjo ini berpindah keyakinan agama dengan cara mengucapkan syahadat yang dipimpin oleh ta’mir masjid di lingkungan rumahnya serta Problematika atau masalah-masalah yang dialami siswa muallaf dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 3 Sidoarjo terdapat dalam beberapa problem diantaranya problem psikologi belajar, problem pemahaman materi PAI, problem metode pembelajaran PAI, dan problem sarana fisik sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amaliya, FaridaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islam
Keywords: Siswa Muallaf; Pembelajaran PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Dec 2011
Last Modified: 30 Apr 2019 03:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9426

Actions (login required)

View Item View Item