Hubungan antara kegiatan keagamaan dengan kesiapan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional siswa kelas IX SMP Negeri 1 Wonoayu Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Husna, Aimmatul (2011) Hubungan antara kegiatan keagamaan dengan kesiapan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional siswa kelas IX SMP Negeri 1 Wonoayu Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aimmatul Husna_D31207060.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena kurangnya kesiapan mental siswa dalam menghadapi Ujian Nasional yang mengakibatkan siswa gagal dalam menempuh ujian. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor, secara garis besar faktor itu dibedakan menjadi dua macam, yaitu faktor internal dan eksternal. Banyak upaya yang dilakukan sekolah untuk mengatasi fenomena ini, diantaranya dengan mengadakan beberapa kegiatan keagamaan sebagai terapi kecemasan menghadapi Ujian Nasional. Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis mengangkat permasalahan mengenai bagaimana kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Wonoayu Sidoarjo dan bagaimana kesiapan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional, selanjutnya apakah terdapat hubungan antara kegiatan keagamaan dengan kesiapan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional siswa kelas IX SMP Negeri 1 Wonoayu Sidoarjo. Bentuk penelitian ini dapat dikategorikan sebagai penelitian kuantitatif, karena penelitian ini adalah penelitian lapangan yang memerlukan analisis statistik (data berupa angka) untuk memperoleh kebenaran mengenai apa yang diinginkan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Wonoayu yang berjumlah 288 siswa. Dalam hal ini peneliti mengambil 20% dari 288 siswa yaitu berjumlah 56 siswa. Untuk mengetahui hubungan antara dua variabel yaitu kegiatan keagamaan siswa (variabel X) dan kesiapan siswa (variabel Y) dan seberapa besar hubungannya, maka teknik analisa datanya menggunakan rumus analisa korelasi spearman rank. Adapun hasil penelitiannya dari perhitungan tabel koefisien korelasi antara kegiatan keagamaan dengan kesiapan siswa diperoleh harga termasuk pada hubungan yang tinggi. Dari nilai rtabel (nilai-nilai rho) untuk sampel sebanyak 56 siswa dengan taraf signifikan 0,05 dan taraf signifikan 0,01 berturut-turut adalah 0,364 dan 0,478, maka nilai r yang diperoleh dari perhitungan lebih besar dari rtabel, maka r hasil perhitungan signifikan. Selanjutnya, uji signifikan koefisien korelasi antara kegiatan keagamaan dengan kesiapan siswa, dengan serta taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung 10,892. Dari perhitungan uji statistik diperoleh thitung 10,892 dengan dk = 56-2 = 54 maka ttabel 1.671. Jadi, thitung lebil besar dari ttabel. Maka Ho ditolak dan dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi positif antara kegiatan keagamaan dengan kesiapan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Husna, AimmatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Anak
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Evaluasi
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Pendidikan Islam; Mental; Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Dec 2011
Last Modified: 16 May 2019 04:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9431

Actions (login required)

View Item View Item