Keteladanan Kyai dalam pendidikan akhlak santri: studi kasus keteladanan KH. Cholil Dahlan di Asrama Ardales Pondok Pesantren Darul Ulum Peterongan Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Ni'matul (2011) Keteladanan Kyai dalam pendidikan akhlak santri: studi kasus keteladanan KH. Cholil Dahlan di Asrama Ardales Pondok Pesantren Darul Ulum Peterongan Jombang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab2.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab3.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab4.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab5.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (31kB) | Preview

Abstract

Kekayaan seseorang terletak pada akhlaknya yang baik, akhlak yang baik selalu membuat seseorang menjadi aman, tenang dan tidak adanya perbuatan tercela. Seseorang yang berakhlak mulia selalu melaksanakan kewajiban. Dia melakukan kewajiban terhadap dirinya sendiri yang menjadi hak dirinya, terhadap Tuhan yang menjadi hak Tuhannya, terhadap makhluk lain, dan terhadap sesama manusia. Sedangkan rumusan masalah yang diteliti adalah: Sejauh manakah keteladanan kyai terhadap akhlak santri, bagaimanakah bentuk-bentuk keteladanan Akhlak KH. Cholil Dahlan, bagaimanakah keteladanan akhlak KH. Cholil Dahlan terhadap akhlak santri di asrama ardales pondok pesantren Darul Ulum Peterongan Jombang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori keteladanan berasal dari kata dasar teladan yang berarti sesuatu atau perbuatan yang patut ditiru atau dicontoh, pendidikan akhlak adalah pendidikan berasal dari kata didik yang diberi awal pe- dan akhiran -kan mengandung arti perbuatan (hal, cara, dan sebagainya), sedangkan akhlak berasal dari bahasa Arab, jamak dari khuluqun yang menurut bahasa berarti budi pekerti, perangai, tingkah laku dan tabiat. Hubungan keteladanan dan pendidikan akhlak, sistem pendidikan kita sebagaimana aturan yang terkandung UU Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional) sudah sangat baik. Namun, dari segi prakteknya masih kurang. Menurut guru besar pengkajian Islam dari Universitas Pendidikan Islam (UPI) Bandung Prof. Dr. H. Abd. Majid, MA. Hal itu disebabkan minimnya pendidikan akhlak di sekolah-sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif, yaitu data yang terkumpul bentuk kata-kata, gambar, bukan angka-angka, walaupun berupa angka tetapi bersifat hanya sebagai penunjang. Sedangkan teknik yang digunakan peneliti adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa keteladanan KH. Cholil Dahlan terhadap akhlak santri di asrama Ardales Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang adalah keteladanan akhlak KH. Cholil Dahlan terhadap akhlak santri dalam kehidupan sehari-hari kyai dan santri selalu bersama baik ketika berjama'ah, ngaji, pengajian yang didalamnya cerita-cerita kisah-kisah Rasulullah, sahabat-sahabat nabi, dan para ulama, oleh karena itu pengaruh keteladanan KH. Cholil Dahlan terhadap akhlak santri dalam kehidupan sehari-harinya sangat kuat/erat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Ni'matul--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Perilaku
Keywords: Keteladanan Kyai; Pendidikan Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Dec 2011
Last Modified: 26 Jul 2018 03:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9492

Actions (login required)

View Item View Item