تعليم اللغة العربية من خلال تفعيل التعرض اللغوي الصفي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nasaruddin, Nasaruddin (2011) تعليم اللغة العربية من خلال تفعيل التعرض اللغوي الصفي. In: al Nadwah al Daulah Haul Tajribah Ta'lim al Lughah al Arabiyah fi Indunisiya Malaha wa ma 'Alaiha, 16-18 Desember 2011, Malang - Indonesia.

[img]
Preview
Text
Al nadwa al dahuiya ( 1 BUKU ).pdf

Download (818kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengupas fenomena pembelajaran bahasa Arab di Pusat Pembelajaran Bahasa Arab dan Kajian Linguistik Madrasah Alsun Sidoarjo Indonesia. Tujuannya adalah mengungkap sisi-sisi kekhasan dan keunikan dari lembaga ini dalam menyelenggarakan pembelajaran bahasa Arab luar sekolah, terutama strategi uniknya dalam memaksimalkan language exposure dalam kelas pembelajaran bahasa Arab. Hal ini dipandang penting mengingat Madrasah Alsun adalah salah satu lembaga pembelajaran Bahasa Arab non formal yang sangat terkemuka yang memberikan alternatif pembelajaran bahasa Arab luar sekolah yang mendukung, bahkan memberi solusi, bagi pembelajaran bahasa Arab di lembaga-lembaga pendidikan formal. Dengan kurikulum serta sistem pembelajarannya yang unik, madrasah Alsun telah eksis dalam menyelenggarakan pembelejaran bahasa Arab yang telah berlangsung puluhan tahun. Selama rentang waktu tersebut, lembaga ini mendapat respon positif dari masyarakat serta telah melahirkan banyak ahli dalam bidang bahasa Arab dan pembelajarannya. Dalam makalah ini dipaparkan secara deskriptif dan detail sistem pembelajaran yang berlangsung disana dengan mengupas secara mendalam unsur-unsur pembelajaran yang terlibat, sandaran dan acuan teoritis yang digunakan, sarana dan prasaran yang mendukung, serta prosedur dan langkah-langkah praktis yang berlangsung dalam ruang belajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nasaruddin, Nasaruddinnasaruddin@uinsby.ac.id2009097501
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIED., ...
Subjects: Metode Pembelajaran
Divisions: Karya Ilmiah > Prosiding
Depositing User: Users 3213 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2016 02:27
Last Modified: 14 Jan 2020 07:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9517

Actions (login required)

View Item View Item