PEMBAHARUAN KURIKULUM PESANTREN: STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN ABDURRAHMAN WAHID DAN NURCHOLISH MADJID

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmat, Mohammad (2011) PEMBAHARUAN KURIKULUM PESANTREN: STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN ABDURRAHMAN WAHID DAN NURCHOLISH MADJID. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
datar pustaka.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengambil rumusan masalah 1) bagaimana pembaharuan kurikulum di pesantren, 2) bagaimana pembaharuan kurikulum pesantren dalam prespektif Abdurrahman Wahid, dan 3) bagaimana pembaharuan kurikulum pesantren dalam prespektif Nurcholish Madjid. Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pembaharuan kurikulum pesantren, 2) untuk mengetahui pembaharuan kurikulum pesantren dalam prespektif Abdurrahman Wahid, dan 3) untuk mengetahui pembaharuan kurikulum pesantren dalam prespektif Nurcholish Madjid.
Dalam penelitian ini penulis penulis menggunakan metode kualitatif yang bersifat studi komparatif, oleh karena itu, dalam menganalisa data, penulis memilih menggunakan metode Hermeneutika, sehingga penulis bermaksud untuk menemukan makna-makna yang tersembunyi di dalam teks, atau menangkap yang tersembunyi di balik fenomena-fenomena lainnya, yang mungkin mempengaruhi fenomen yang ingin dianalisa.
Dalam operasionalisasinya akan digunakan pendekatan kualitatif melalui studi komparatif. Untuk mengumpulkan data dalam pemelitian ini, dilakukan dengan menggunakan metode library research atau studi kepustakaan, yaitu survey terhadap berbagai sumber buku, bahan-bahan bacaan yang dapat dipercaya keotemtikannya dan berhubungan dengan masalah yang sedang dikaji, kemudian data dianalisi dengan analisis komperatif, yaitu pemikiran-pemikiran yang dilontarkan dari Abdurrahman Wahid dan Nurcholish Madjid tersebut disintesiskan kemudian diadakan penarikan kesimpulan (conclusion).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemikiran-pemikiran dari Abdurrahman Wahid dan Nurcholish Madjid ini memberikan indikasi terhadap adanya pembaharuan kurikulum pesantren, menurut Abdurrahman Wahid pembaharuan kurikulum hendaknya memiliki visi dan misi yang integral, adanya pencampuran kurikulum, tidak melakukan penyempitan kreterium mata pelajaran dan adanya pemimpin yang charisma tidak sekedar kontinuitas keturunan yang tidak dipersiapkan.
Sedangkan menurut Nurcholish Madjid tentang pembaharuan kurikulum pesantren degan sudut pandangan relativisme, realisme, dan historitas (konteks kesejarahan) sehingga memunculkan terobosan baru dalam berfikir: sekularisasi, kebebasan intelektual dan sikap terbuka terhadap ide.
Dengan demikian pesantren harus bersifat inklusif serta tetap memiliki karakter sebagai lembaga pendidikan keagamaan sehingga meniadakan pendikotomian ilmu agama dan non-agama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmat, MohammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: ?? PAbw ??
Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan > Pesantren
Keywords: Kurikulum Pesantren; Abdurrahman Wachid
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2012
Last Modified: 09 Apr 2015 09:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9588

Actions (login required)

View Item View Item