Pengembangan alat evaluasi hasil belajar matematika berbasis Taksonomi Bloom Dua Dimensi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyudi, Ahmad (2012) Pengembangan alat evaluasi hasil belajar matematika berbasis Taksonomi Bloom Dua Dimensi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Wahyudi_D04208036.pdf

Download (1MB)

Abstract

Taksonomi bloom dua dimensi merupakan suatu taksonomi tujuan pembelajaran yang meliputi dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan. Dimensi proses kognitif meliputi level mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan. Sedangkan dimensi pengetahuan meliputi pengetahuan faktual, pengetahuan konseptual, pegnetahuan prosedural, dan pengetahuan metakognitif. Alat evaluassi yang digunakan disekolah tepat peneliti ini, belum sepenuhnya memperhatikan level-level pda taksonomi bloom dua dimensi, oleh karena itu peneliti terdorong untuk mengadakan penelitian ini.
Pengembangan alat evaluasi matematika berbasisi taksonomi bloom dua dimensi pada penelitian ini mengacu pada model pengembangan yang dikemukakan oleh Plomp, yaitu terdiri dari lima fase 1) Investigasi awal, 2) Desain, 3) Realisasi, 4) Tes, evaluasi, dan revisi, 5) Implementasi. Namun peneliti ini hanya dilakukan sampai pada fase tes, evaluasi dan revisi. Penelitian ini dilaksanakan di Madrsah Aliayah Negri Surabaya pada tanggal 16 Juli 2011.
Pada penelitian ini, telah dihasilkan enam item soal berbasis taksonomi bloom dua dimensi antara lain : a) Mengingat Pengetahuan Faktual, b) Memahami Pengetahuan Konseptual, c) Menganalisis Pengetahuan Konseptual, d) Menerapkan Pengetahuan Konseptual, e) Menganalisis Pengetahuan Konseptual, dah f) Mengevaluasi Pengetahuan Prosedural. Hasil dari analisis lembar validasi, diperoleh bahwa soal yang dikembangkan dalam kategori sangat valid dan dpat digunakan di lapangan dengan sedikit revisi. Hasil dari uji coab terbatar diperoleh skor siswa yang kemudian dianalisis dan diperoleh koefisien reliabilitas 0,8236 dengan kategori reliabilitas sangat tinggi. Oleh karena itu, alat evaluasi matematika berbasis taksonomi bloom dua dimensi pada materi dimensi tiga telah memenuhi kriteia valid, reliabel, dan praktis maka perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat dikatakan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyudi, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Alat Evaluasi Matematika; Matematika; Pengembangamn Alat Evaluasi Matematika; Taksonomi Bloom Dua Dimensi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Sep 2012
Last Modified: 25 Mar 2019 07:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9636

Actions (login required)

View Item View Item