Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN materi sistem organisasi tingkat pusat kelas IV SD Darul Ulum Bungurasih melalui metode make a match

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yuliati, Endang (2012) Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN materi sistem organisasi tingkat pusat kelas IV SD Darul Ulum Bungurasih melalui metode make a match. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Endang Yuliati_D77208064.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran PKN di SD Darul Ulum Bungurasih, (2) Untuk mengetahui cara penerapan metode make a match materi organisasi pemerintahan tingkat pusat pada kelas IV SD Darul Ulum Bungurasih, (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Darul Ulum Bungurasih pada pembelajaran PKn melalui metode Make a Match. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di kelas IV yang berjumlah 22 anak, yang terdiri dari 10 laki-laki dan perempuan 12. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV B, dan siswa kelas IV B. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes, dan studi dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Taggart, yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa melalui metode make a match yang menggunakan 6 langkah yaitu (1) penyiapan beberapa kartu pertanyaan dan jawaban (2) pembagian kelompok (3) guru menjelaskan cara kerja tiap kelompok. (4) pencarian pasangan kartu pertanyaan dan jawaban (5) penyerahan kepada kelompok penilai (6) pembagian kelompok ulang, agar kelompok penilai bisa merasakan seperti kelompok 1 dan 2 kelompok penilai dipecah menjadi dua sedangkan kelompok 1 dan kelompok dua gabung menjadi satu dan berperan menjadi kelompok penilai. Tindakan ini diberikan dalam dua siklus, siklus I dan siklus II. Hasil perbandingan observasi penelitian guru pada siklus 1 adalah sebesar 90,78 sedangkan pada siklus II sebesar 93,42. dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Darul Ulum Bungurasih. Perbandingan observasi siswa sebelum menggunakan metode make a match nilai rata-rata 69,54, setelah menggunakan metode make a match nilai rata-rata dapat dijelaskan dijelaskan sebagai berikut: nilai rata-rata kelas pada siklus I yaitu: 71,81sedangkan nilai rata pada siklus II yaitu: 92,95. Tingkat ketuntasan pada siklus I 68,18% sedangkan pada siklus II 100%. Dengan demikian hasil penelitian di SD Darul Ulum Bungurasih telah mencapai ketuntasan belajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yuliati, EndangUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Hasil Belajar; Pembelajaran Kooperatif; Metode Make a Match
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Sep 2012
Last Modified: 27 Mar 2019 03:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9656

Actions (login required)

View Item View Item