This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ali, Mohdor (2012) STUDI INTEGRASI KURIKULUM MADRASAH DAN KURIKULUM PESANTREN MADRASAH ALIYAH DI PONDOK PESANTREN TANWIRUL ISLAM TANGGUMONG KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN SAMPANG. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
COVER.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, peneliti menemukan beberapa hasil penelitian yang terkait dengan adanya integrasi kurikulum pesantren dan madrasah. Hasil penelitian tersebut di antaranya adalah sebagai berikut: Pertama, pada dasarnya, kurikulum yang diterapkan di Madrasah Aliyah Tanggumung Sampang menggabungkan dua kurikulum, yakni kurikulum nasional (KTSP) dan kurikulum lokal (rumusan Pondok Pesantren). Dan bentuk integrasi kurikulum tersebut yang menonjol ditemukan pada: (1) pada mata pelajaran yang disampaikan dimana antara dua kurikulum (nasional dan lokal) tersebut bersifat saling mendukung dan menguatkan; dan (2) pada metode pembelajarannya, yakni menggabungkan tiga model atau metode, yaitu: ceramah, demonstrasi dan dialog. Dan kedua, hasil daripada penerapan integrasi kurikulum madrasah dan kurikulum pesantren yang diterapkan di Madrasah Aliyah Tanwirul Islam Tanggumong cukup baik dan menunjang terhadap realisasi tujuan pendidikan nasional maupun tujuan pendidikan Pondok Pesantren serta memberikan pengetahuan plus bagi para siswa khususnya siswa kalong.
Dari hasil penelitian yang dipaparkan di atas maka saran kepada semua civitas akademika Tanwirul Islam untuk terus bersama-sama melakukan pembenahan demi terwujudnya pendidikan yang holistic-integral, duniawi-ukhrawi secara bersama-sama dan utuh tanpa mengesampingkan salah satu disiplin keilmuan tertentu. Dan mencoba mencari desaign formulasi baru untuk memaksimalkan perpaduan kurikulum tersebut agar menjadi sebuah terobosan yang tentu sangat maksimal hasilnnya mampu mencetak generasi bangsa yang profesional, cerdas emosional dan spritual serta teknologi sehingga pendidikan indoensia lebih maju dalam bingkai rahmatallilalamin
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Kurikulum Matematika |
||||||
Keywords: | Integrasi Kurikulum; Pesantren; Madrasah | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 19 Sep 2012 | ||||||
Last Modified: | 07 Apr 2015 07:50 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9658 |
Actions (login required)
View Item |