This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Amanatillah, Ana (2012) PENYESUAIAN SOSIAL ANAK USIA DINI : STUDI KASUS DI TK UNGGULAN AN-NUR SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
bab 4.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (92kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penyesuaian Sosial Subyek Di sekolah. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data peneliti menggunakan teknik Triangulasi. Subyek merupakan siswa yang penyesuaian sosialnya terganggu, subyek bersekolah di TK Unggulan An-Nur dan bersedia menjadi subyek penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa ada 6 kategori penerimaan sosial, dan yang termasuk pada kategori penerimaan sosial subyek adalah neglectee subyek adalah anak yang cenderung diabaikan oleh teman-temannya dan hanya mempunyai 3 orang teman, dan untuk kriteria penyesuaian sosialnya, subyek hanya memunculkan 1 kriteria penyesuaian sosial dimana subyek bisa meminjamkan barang-barangnya kepada temannya. Upaya dari gurupun sudah maksimal. Pada kategori penerimaan sosial dirumah subyek berupa Accepted subyek bisa diterima dan disukai oleh sebagian teman-temannya. Untuk kriteria penyesuaian sosial subyek dirumah subyek menonjolkan ke 4 kriteria penyesuaian sosial. Apa yang membuat kesulitan melakukan penyesuaian sosial yang baik : kurangnya motivasi untuk belajar melakukan penyesuaian sosialnya sering timbul awal yang tidak menyenangkan, subyek merasa terganggu dengan teman-teman dikelasnya dikarenakan teman-temannya sering mengusili subyek. Efek dalam akademiknya juga terganggu dimana subyek masih harus didampingi oleh guru-gurunya dalam hal menulis dan menganyam dan melipat kertas, dimana dalam faktor kognitif berperan penting dalam keberhasilan anak dalam belajar dan apabila minat minat yang kuat terhadap perkembangan kemampuan bahasa dan belajar bersosialisasi.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Siti Khorriyatul | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Psikologi Psikologi > Psikologi Anak |
||||||
Keywords: | Penyesuaian Sosial; Anak Usia Dini | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 16 Oct 2012 | ||||||
Last Modified: | 08 Apr 2015 08:15 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9745 |
Actions (login required)
View Item |